Sri Lanka Sediakan Visa Gratis 6 Bulan bagi Turis dari 48 Negara Termasuk Indonesia

Teranyar, pemerintah Sri Lanka membuat kebijakan visa gratis bagi 48 negara, termasuk Indonesia agar berkunjung ke negaranya.

Sri Lanka Sediakan Visa Gratis 6 Bulan bagi Turis dari 48 Negara Termasuk Indonesia
shutterstock
Visa. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Pascaserangan teroris pada April lalu, pariwisata Sri Lanka menjadi lesu.

Berbagai kebijakan sudah diambil untuk menghidupkan kembali pariwisata di Sri Lanka termasuk menurunkan harga tiket pesawat dan menurunkan harga kamar hotel.

Teranyar, pemerintah Sri Lanka membuat kebijakan visa gratis bagi 48 negara, termasuk Indonesia agar berkunjung ke negaranya.

Menteri Pembangunan Pariwisata Sri Lanka John Amaratunga dilansir dari Reuters mengumumkan visa gratis untuk 48 negara resmi berlaku 1 Agustus 2019.

Sebelumya, Sri Lanka mengenakan biaya visa 20 dollar AS atau setara Rp 285.009 untuk turis asal Asia Selatan dan 35 dollar AS atau setara Rp 500.000 untuk turis di luar Asia Selatan.

Penawaran visa gratis ini akan berlaku selama enam bulan ke depan untuk visa keperluan wisata dan bisnis.

UPDATE Bom Paskah Sri Lanka, Ternyata Tidak Berhubungan Langsung dengan ISIS

Aksi Heroik Ramesh Raju yang Hentikan Pengebom Gereja di Sri Lanka, Dia Dikenang Sebagai Pahlawan

Evaluasi akan dilakukan usai enam bulan kebijakan dikeluarkan, umtuk mengetahui jumlah pendapatan yang hilang dan yang masuk atas kebijakan ini.

Kebijakan visa gratis dari menyusul kebijakan penurunan harga tiket pesawat dari pemerintah Sri Lanka yang dikeluarkan Juli 2019. Pada awal tahun 2019, pariwisata Sri Lanka sempat naik 12 persen.

Sayangnya akibat serangan teroris pada April, banyak negara yang mengeluarkan larangan berkunjung ke Sri Lanka. Kunjungan wisatawan turun 71 persen pada Mei.

Angka tersebut merupakan yang paling rendah pasca-perang Sri Lanka usai satu dekade lalu.

Pada Juni jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Sri Lanka naik menjadi 63.072 orang, naik hampir dua kal lipat darii Mei yang hanya 37.082 orang.

Jumlah tersebut masih dianggap jauh dari target, hingga berbagai kebijakan harus dikeluarkan oleh pemerintah Sri Lanka untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing.

Hotel-hotel di Sri Lanka juga menurunkan harga sampai 70 persen untuk mendongkrak tingkat hunian kamar. (Silvita Agmasari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sri Lanka Beri Visa Gratis 6 Bulan untuk Wisatawan Indonesia"

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved