Mati Listrik dan Banyak Pedagang Merugi, Penjual Genset Malah Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah

"Kemarin laku 50 unit, hari ini sudah 7 unit. Sekarang barangnya habis tuh kosong ya Alhamdulillah. Ini pesan dulu di Surabaya, Cengkareng, Jakarta,"

Mati Listrik dan Banyak Pedagang Merugi, Penjual Genset Malah Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah
DEAN PAHREVI/KOMPAS.com
Sejumlah Toko Elektronik di Jalan KH. Agus Salim, Kota Bekasi ramai pengunjung yang hendak beli genset, Senin (5/8/2019). 

TRIBUNJABAR.ID, BEKASI - Di tengah sejumlah pedagang yang merugi saat mati listrik, Minggu (4/8/2019), penjual genset malah meraup untuk banyak.

Dilansir dari Kompas.com, penjual genset di Pasar Proyek, Jalan KH. Agus Salim, Bekasi Timur, Kota Bekasi, meraup omset hingga ratusan juta rupiah saat mati listrik pada hari Minggu.

Ajun, seorang pemilik toko elektronik, mengatakan bahwa sudah 57 unit genset yang sudah laku ia jual sejak hari Minggu.

"Kemarin laku 50 unit, hari ini sudah 7 unit. Sekarang barangnya habis tuh kosong ya Alhamdulillah. Ini pesan dulu di Surabaya, Cengkareng, Jakarta," kata Ajun di Pasar Proyek, Kota Bekasi, Senin (5/8/2019).

Buntut Pemadaman Listrik Minggu dan Senin, API Jabar Desak PLN Berikan Kompensasi

Dia menambahkan, dari penjualan genset itu, dirinya meraup omset hingga ratusan juta rupiah. Adapun kisaran harga genset yang dijualnya dari Rp 1,8 juta hingga Rp 11 juta.

"Yang paling murah itu Rp 1,8 juta yang paling mahal ada yang Rp 10 sampai 11 juta. Wattnya dari 2.000 watt sampai 7.000 watt. Ya dari kemarin ada ratusan juta mah omset. Biasanya mah kita seminggu paling dua sampai tiga unit doang yang kejual," ujar Abun.

Pantauan Kompas.com pukul 11.50 WIB, sejumlah toko elektronik itu masih ramai pengunjung yang hendak membeli genset. Namun beberapa toko sudah kehabisan stok genset.

Abun, pemilik toko elektronik lainnya mengatakan, sejak listrik padam dirinya sudah menjual genset 40 unit dan kini stok gensetnya sudah habis. Kebanyakan pembelinya membeli genset untuk kebutuhan listrik di rumah yang padam.

"Kami jual dari harga Rp 1,2 jutaan sampai Rp 10 jutaan. Paling kecil itu genset 650 watt itu untuk lampu sama kipas doang, kalau AC mah enggak kuat," ujar Abun.

Listrik di Jakarta, Tangerang, dan Sebagian Wilayah Jabar Masih Padam, PLN Janji Nanti Malam Normal

Sebelumnya, listrik di sejumlah wilayah di Jawa dan Bali mati total selama sekitar 7 jam hari Minggu kemarin. Pada Senin pagi ini, listrik di sejumlah daerah di Jakarta kembali padam, setelah sempat mendapat aliran listrik semalam.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PT PLN, Dwi Suryo Abdullah mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan kapan aliran listrik di Jakarta normal lagi.

"Mohon doanya semoga hari ini, pagi ini pulih kembali. Saya enggak bisa memastikan pulih berapa jam. Sekarang semua kita pantau dari titik, kita upayakan agar supaya tidak membahayakan dari pada instalasi yang ada," ujar Dwi. (Kompas.com/Dean Pahlevi)

Begini Dampak Mati Listrik Bagi Perekonomian di Kota Bandung, Pengusaha Kelimpungan

Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved