Mati Listrik di Jabar dan Jakarta

Kronologi Mati Listrik Massal di Jabar, Banten dan Jakarta, Semuanya Berawal dari Jateng

Plt Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani menuturkan kronologi mati listrik atau black out di tiga provinsi tersebut.

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Permukiman warga Jakarta difoto dari Rusun Karet Tengsin terlihat gelap gulita hanya gedung perkantoran dan apartemen yang terang, Minggu malam (4/8/2019). Aliran listrik di Banten, Jabodetabek hingga Bandung terputus akibat adanya gangguan pada sejumlah pembangkit di Jawa. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Minggu (4/8/2019) kemarin mati listrik terjadi di sebagian besar wilayah barat Pulau Jawa.

Sejumlah wilayah  di Jakarta, Banten dan Jawa Barat mati listrik sejak pukul 11:50.

Plt Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani menuturkan kronologi mati listrik atau black out di tiga provinsi tersebut.

Menurut dia, penyebabnya adalah terganggunya sistem transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 Kv jalur Ungaran-Pemalang.

"Pada pukul 11:45 detik 7 telah terjadi gangguan transmisi Ungaran-Pemalang di sirkuit 1 lantas diikuti sirkuit 2, akibatnya terjadi penurunan tegangan," kata Sripeni dalam konferensi pers di P2B Gandul, Cinere, Depok, Minggu (4/8/2019).

Penurunan tegangan ini berimbas pada jaringan SUTP Depok-Tasik.

"Pada pukul 11:48 WIB detik 11, jaringan Depok-Tasik lantas mengalami gangguan. Ini yang menjadi awal gangguan sistem di Jabar, Banten dan Jakarta," tegas Sripeni Inten Cahyani.

Ini yang menjadi awal gangguan sistem di Jabar, Banten dan Jakarta.

Sebelumnya, Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan, pemadaman listrik terjadi lantaran Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami trip, sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off).

"Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima TribunJabar.id, Minggu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, gangguan ini terjadi mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek mengalami pemadaman.

 Mati Listrik se-Jabar dan Jakarta Turut Ganggu Jaringan Komunikasi

Halaman
1234
Penulis: Ravianto
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved