Eksklusif Tribun Jabar

Anggota Baru DPRD Kota Bandung Kaget, Gajinya Ternyata Rp 46 Juta, Tunjangan Perumahan Rp 20 Juta

Terkejut. Itulah ekspresi wajah beberapa anggota DPRD Kota Bandung yang baru mendapati berita gajinya mencapai Rp 46 juta. Sudah cukup kah?

Anggota Baru DPRD Kota Bandung Kaget, Gajinya Ternyata Rp 46 Juta, Tunjangan Perumahan Rp 20 Juta
Tribunjabar.id
Pelantikan anggota DPRD Kota Bandung, Senin (5/8/2019). Anggota baru DPRD Kota Bandung kaget gajinya bisa mencapai Rp 46 juta. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Terkejut. Itulah ekspresi wajah beberapa anggota DPRD Kota Bandung yang baru menjabat periode ini saat Tribun Jabar menyebut besaran gaji bersih yang mungkin akan mereka bawa pulang ke rumah setiap bulan.

Dari data postur gaji riil yang diperoleh Tribun Jabar dari Kesekretariatan DPRD Kota Bandung (Setwan), diketahui bahwa gaji bersih (setelah dipotong pajak) untuk satu anggota dewan periode 2014-2019 mencapai Rp 46.439.309 per bulan.

Bisa jadi gaji setara akan diterima anggota DPRD Kota Bandung periode sekarang, bahkan angkanya bisa lebih besar, menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini.

Dari postur gaji sebesar itu, pos untuk tunjangan perumahan menjadi yang terbesar, yaitu Rp 20,7 juta.

Disusul tunjangan komunikasi intensif sebesar Rp 14,7 juta.

Yudi Cahyadi Ketua Sementara DPRD Kota Bandung, 50 Anggota Dewan Diambil Sumpah dan Janji

Sebenarnya intensif (uang representatif) anggota dewan itu cukup kecil, hanya Rp 1.575.000, tapi jumlahnya membengkak seiring dengan masuknya 13 tunjangan lain dalam postur gaji mereka.

Mendengar kemungkinan dapat gaji sebesar itu, anggota dewan terpilih dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Yoel Yosaphat (32), langsung kaget.

“Oh, sebesar itu. Terus terang saya baru tahu gaji anggota dewan sebesar itu,” kata Yoel saat berkunjung ke kantor Redaksi Tribun Jabar, Rabu (31/7) sore.

Caleg PSI untuk DPRD Kota Bandung, Yoel Yosaphat (32) (kanan).
Caleg PSI untuk DPRD Kota Bandung, Yoel Yosaphat (32) (kanan). (Kompas)

Menurut Yoel, setelah ditetapkan sebagai anggota dewan terpilih, ia tak pernah mendengar info soal gaji dewan.

“Untuk anggota yang baru, saya belum diberitahu soal ini (besaran gaji periode sekarang). Kalau anggota lama yang jadi petahana mungkin besaran gajinya sebesar itu,” kata dia.

Halaman
1234
Penulis: Oktora Veriawan
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved