Gunung Tangkubanparahu Masih Erupsi, Asap Putih Membumbung Terlihat dari Lembang

Gunung Tangkubanparahu hingga kini masih erupsi, bahkan kepulan asap putih dari Kawah Ratu

Gunung Tangkubanparahu Masih Erupsi, Asap Putih Membumbung Terlihat dari Lembang
tribunjabar/hilman kamaludin
Asap putih dari Gunung Tangkubanparahu terpantau dari Lembang Kabupaten Bandung Barat. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Gunung Tangkubanparahu hingga kini masih erupsi, bahkan kepulan asap putih dari Kawah Ratu sempat terpantau dari Kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (4/8/2019).

Asup putih tersebut sempat membumbung tinggi yang menandakan gunung yang terkenal dengan Legenda Sangkuriang itu hingga saat ini masih terus mengalami erupsi.

Bahkan, gunung yang memiliki ketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut itu statusnya masih pada Level II Waspada dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dengan radius jarak aman 1,5 kilometer.

Kepala Bidang Mitigasi Gunungapi pada PVMBG Hendra Gunawan, membenarkan hingga saat ini Gunung Tangkubanparahu masih terus mengalami erupsi dan belum ada penurunan aktivitas.

"Betul masih erupsi menerus, kepulan asap juga terpantau dari visual PVMBG sekitar pukul 06.58 WIB," ujarnya kepada Tribun Jabar melalui pesan singkat, Minggu (4/8/2019).

Setelah Viral Hoaks BEC Bandung Runtuh karena Gempa Banten, Kini Ada Spanduk Korban Hoax di BEC

Sementara berdasarkan pengamatan dari seismograf gempa tremor juga masih terus terjadi dengan amplitudo 35 hingga 50 milimeter dan dominannya 50 milimeter.

Untuk erupsi menerus ini, lanjut Hendra, ketinggian kolom abu masih berkisar antara 100 hingga 180 meter dari pusat kawah.

"Iya (Aktivitas) Gunung Tangkubanparahu hingga saat ini masih tetap sama seperti itu," katanya.

Menurutnya, secara seismik, aktivitas Gunung Tangkubanparahu masih didominasi oleh gempa yang mencerminkan aktivitas di kedalaman dangkal berupa Gempa Hembusan dan Tremor menerus.

Rumah Menteri Susi di Pangandaran Dirusak, Pelakunya Sudah Ditangkap, Ternyata Sangat Membenci Susi

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved