Perusahaan Asal Taiwan Beri Kepastian Akan Bangun Industri di Kecamatan Balongan Indramayu

Rencana Kabupaten Indramayu untuk menjadi Kawasan Peruntukan Industri (KPI) mulai menunjukkan titik terang.

Perusahaan Asal Taiwan Beri Kepastian Akan Bangun Industri di Kecamatan Balongan Indramayu
Tribun Jabar/Handhika Rahman
Bupati Indramayu, Supendi saat menerima kunjungan kerja Direktur Jenderal Ketahanan Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian RI, Doddy Rahadi di Pendopo Indramayu, Rabu (31/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Rencana Kabupaten Indramayu untuk menjadi Kawasan Peruntukan Industri (KPI) mulai menunjukkan titik terang.

Baru-baru ini perusahaan asal Taiwan, yaitu CPC Corporation memberikan kepastikan akan membangun perusahaan di sekitaran Kecamatan Balongan, dengan nilai investasi sebesar 5,4 miliar dolar.

Bupati Indramayu, Supendi mengatakan, kepastian itu terungkap setelah kunjungan kerja Direktur Jenderal Ketahanan Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian RI, Doddy Rahadi ke Kabupaten Indramayu pada Rabu (31/07/2019) kemarin.

"Pemerintah daerah siap membantu pelaksanaan investasi di Indramayu termasuk hal lain yang dibutuhkan untuk kemudahan dalam berinvestasi dan mendukung program nasional," ujar dia, Jumat (2/8/2019).

Disnak Indramayu Minta Pembeli Hewan Kurban untuk Tidak Beli Hewan yang Sakit

Supendi menyampaikan, saat kunjungannya Doddy Rahadi mengatakan, Investasi ini merupakan kerjasama Pertamina dan CPC Taiwan melalui mekanisme busines to busines (b to b) yang dilakukan dalam bentuk pembangunan pabrik pemecah nafta (naphtha cracker) dan unit pengembangan sektor hilir petrokimia berskala global di Indonesia.

Selain itu, Doddy Rahadi juga menyampaikan, Kabupaten Indramayu memiliki kesiapan untuk menyukseskan berberapa proyek nasional yang ada di Indonesia.

Hal ini juga tertuang dalam Rencana Induk Pengembangan Industri Nasional (RIPIN) 2015 - 2035, dimana Kabupaten Indramayu termasuk menjadi salah satu daerah dalam Wilayah Pusat Pertumbuhan Industri (WPPI).

VIDEO Gedung Eks Asisten Residen Indramayu Kini jadi PAUD

Sementara itu, CPC Corporation Taiwan membutuhkan lahan seluas ratusan hektar untuk pembangunannya dan harus berlokasi dekat dengan Pertamina.

Menyikapi hal ini, pemerintah Kabupaten Indramayu akan memberi perhatian lebih terutama pada akses jalan, kereta api, sumber air, dan kelistrikan di lokasi industri ini.

"Kita siapkan semuanya, dan mudah-mudahan tidak ada halangan. Pemerintah dan masyarakat siap menyambut datangnya investor ini," ucap Supendi.

Dirinya optimis, dengan berdirinya CPC Corporation Taiwan, diyakini mampu menyerap ribuan tenaga kerja di Kabupaten Indramayu.

Pada kunjungan kerja itu, Bupati Indramayu beserta Doddy Rahadi juga melakukan peninjauan langsung di sekitar rencana proyek.

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved