Anggota Polda Jabar Tetap Siaga di Gunung Tangkubanparahu Hingga Kondisinya Benar-benar Aman

Anggota Polda Jabar bakal tetap disiagakan di posko bencana Gunung Tangkubanparahu yang berada di depan pintu masuk

Anggota Polda Jabar Tetap Siaga di Gunung Tangkubanparahu Hingga Kondisinya Benar-benar Aman
PVMBG Badan Geologi
Foto terkini Gunung Tangkuban Perahu, Rabu (31/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Anggota Polda Jabar bakal tetap disiagakan di posko bencana Gunung Tangkubanparahu yang berada di depan pintu masuk meskipun tempat wisata tersebut rencananya akan dibuka kembali mulai Kamis (1/8/2019).

Anggota Polda Jabar dan petugas gabungan dari TNI serta Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memang disiagakan sejak Gunung Tangkubanparahu erupsi.

"Petugas masih disiagakan," ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat dikonfirmasi Tribun Jabar melalui pesan singkat, Rabu (31/7/2019).

Ia mengatakan, anggotanya bakal disiagakan hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan karena pihaknya masih menunggu keputusan dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terkait kondisi Gunung Tangkuhanparahu.

"Anggota akan disiagakan sesuai dengan kebutuhan pelayanan dan keamanan masyarakat di TWA Tangkubanprahu serta penetapan PVMBG (kondisinya) benar-benar aman," katanya.

Kepala Bidang Mitigasi Gunungapi pada PVMBG Hendra Gunawan, mengatakan, berdasarkan pengamatan visual PVMBG saat ini, asap kawah bertekanan sedang dan teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal.

Petugas KPK Lima Jam Geledah Ruang Sekda Jabar, Angkut Dua Koper dan Satu Kardus Berkas

Selain itu, kondisi Gunung Tangkuhanparahu juga, hingga saat ini masih terjadi tremor menerus dengan amplitudo 0.5 hingga 4 milimeter dominan 1.5 milimeter.

"Tingkat aktivitas Gunung Tangkubanparahu masih level satu normal dengan rekomendasi tidak mendekati kawah dalam radius 500 meter dari kawah aktif atau sekitaran sepanjang area parkir bibir kawah dan tempat berdagang," ujar Hendra.

Tampil Modis dengan Balutan Pakaian Etnik Perpaduan Toraja Lurik Produk UKM Klambikoe

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved