Akibat Hubungan Sedarah, Kakak-Adik di Luwu Tak Dihukum Pidana Tapi Tetap Berakhir Tragis

Kasat Reserse Kriminal Polres Luwu, AKP Faisal Syam, menjelaskan bahwa tidak ada sanksi pidana yang dapat menjerat keduanya.

Akibat Hubungan Sedarah, Kakak-Adik di Luwu Tak Dihukum Pidana Tapi Tetap Berakhir Tragis
desy arsyad/tribunluwu.com
Pelaku kasus inses di Lamunre Tengah, Kecamatan Belopa Utara, Luwu, inisial kakak, AA (kanan), dan adik, BI (kiri). 

TRIBUNJABAR.ID, BELOPA - Hubungan sedarah kakak-adik asal Luwu, AA (38) dan BI (30) tak akan berakhir dengan hukuman pidana.

Kasat Reserse Kriminal Polres Luwu, AKP Faisal Syam, menjelaskan bahwa tidak ada sanksi pidana yang dapat menjerat keduanya.

Meski begitu, kehidupan AA, BI, dan keluarganya berakhir tragis karena sanksi sosial dari warga sekitar.

Kini mereka sekeluarga diusir dari kampung halamannya dan harus mencari tempat tinggal baru.

Seperti diketahui, cinta terlarang kakak dan adik itu hingga melahirkan dua orang anak yang masing masing telah berusia 2,5 tahun dan 1,5 tahun.

Keduanya adalah warga Desa Lamunre Tengah, Kecamatan Belopa Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

“Tidak ada sanksi pidana yang menjeratnya karena pertama yang bersangkutan sama-sama dewasa yang kedua dia melakukan atas dasar suka-sama suka, sehingga untuk kasus penanganan pidananya belum ada pasal yang bisa menjeratnya melainkan penanganan hanya berupa sanksi sosial terhadap yang bersangkutan,” kata Faisal saat dikonfirmasi, Selasa (30/07/2019).

Terungkap, Ini Awal Mula Hubungan Sedarah Kakak-Adik di Luwu, Berawal dari Curhat Rumah Tangga

Kini AA dan BI, beserta ibu kedua pelaku, dan anak-anaknya, telah meninggalkan wilayah hukum Polres Luwu, setelah dilakukan pencermatan dan pertemuan sejumlah pihak serta proses penyidikan perkara.

“Pelaku AA sudah meninggalkan wilayah Polres Luwu, namun Polisi tetap menjaga daerah tersebut, dikhawatirkan terjadinya efek kejadian ini dari masyarakat dengan menjaga rumahnya supaya jangan sampai ada kejadian-kejadian lain yang dapat timbul," katanya.

"Jadi mereka satu keluarga sudah meninggalkan Kabupaten Luwu dan hal ini sudah dikuatkan dengan pernyataan di Kantor Desa Lamunre Tengah pada Sabtu (27/07/2019) lalu, sehingga yang bersangkutan menyatakan bahwa akan berpindah dari wilayah Kabupaten Luwu,” ujarnya.

Hubungan Sedarah di Luwu Hasilkan 2 Anak Sempat Dicurigai Warga, Berdalih Hubungan dengan Suami Lama

Halaman
123
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved