Breaking News:

Santosa Hospital Bandung Center Layani MCU Pranikah, Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Pranikah

PERNIKAHAN menjadi harapan semua orang yang ingin memiliki keluarga. Tidak sekadar perhelatan pernikahan itu sendiri

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Ichsan
istimewa
Santosa Hospital layani MCU pranikah. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID - PERNIKAHAN menjadi harapan semua orang yang ingin memiliki keluarga. Tidak sekadar perhelatan pernikahan itu sendiri, namun harapan terbesarnya adalah pernikahan berlangsung langgeng tanpa ada hambatan besar termasuk gangguan terutama terkait kesehatan.

Untuk itulah, bagi pasangan yang menikah tidak saja membutuhkan kesiapan mental tapi juga perlu memerikan diri agar fisik tidak saja prima saat pernikahan namun pemeriksaan menyeluruh sangat diperlukan agar kedua pasangan dikemudian hari tidak menghadapi persoalan kesehatan akibat dari penyakit yang bisa timbul dari keduanya.

Salah satu cata memeriksakan kesehatan sebelum menikah yakni melakukan premarital check up atau pemeriksaan kesehatan pranikah. Ini merupakan rangkaian pemeriksaan kesehatan penting yang dilakukan oleh pasangan yang akan menikah. Hal ini dilakukan untuk menguji apakah terdapat penyakit genetik serta penyakit infeksi dan menular pada pasangan guna mencegah penularan penyakit tersebut kepada pasangan dan calon anak kelak.

dr Indriawati dari medical check up (MCU) Santosa Hospital Bandung Center mengatakan, pemeriksaan kesehatan pranikah sudah seharusnya dilakukan oleh setiap calon pengantin beberapa bulan sebelum menikah. Hal ini guna mengetahui atau mengidentifikasi masalah kesehatan, risikonya untuk calon pengantin dan therapi apabila ditemukan masalah.

Selain itu, pemeriksaan kesehatah pranikan juga penting dilakukan untuk mencegah masalah kesehatan seperti penyakit keturunan atau keterbatasan pada calon anak Anda. Karena pada hakekatnya pernikahan juga bertujun untuk membina keluarga dimana dalam suata keluarga ada orangtua dan anak-anak. Terlebih bagi pasangan yang memang mendambakan keturunan  yang sehat.

Posisi Nunung di Ini Talkshow Sementara Digantikan Perempuan Cantik Ini, Siapakah Dia?

"Melakukan pemeriksaan kesehatan pranikah salah satunya untuk mengetahui ada tidaknya penyakit dari masing-masing pasangan yang bisa mempengaruhi keturunannya kelak. Karena untuk bisa hamil sampai melahirkan anak, setiap pasangan harus berada dalam kondisi kesehatan yang optimal. Ini meningkatkan peluang memiliki anak atau keturunan yang sehat,dan ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan menyeluruh atau medical check up (MCU)," katanya di Santosa Hospital Bandung Center belum lama ini.

Logo Santosa Hospital.
Logo Santosa Hospital. (istimewa)

Menurutnya, tujuan dilakukan MCU pranikah adalah untuk screening dengan tujuan memastikan bahwa kedua calon mempelai dinyatakan sehat secara medis, baik itu fisik dan mental untuk melangsungkan pernikahan. Dengan mengetahui hasil tersebut, tentu diharapkan akan mendapat keturunan yang sehat.

Namun, katanya, perlu diingat bahwa apabila nanti ditemukan salah satu pasangan bermasalah dalam kesehatan, maka MCU pranikah bukan bermaksud membatalkan pernikahan tapi untuk membantu mencari solusi yang tepat dengan cara pengobatan agar masalah tersebut dapat diatasi dan tidak menjadi kendala dikemudian hari.

Santosa Hospital Bandung Center sebagai rumah sakit modern yang didukung peralatan dan perlengkapan medis yang lengkap serta tenaga medis profesional memberikan kemudaha  bagi calon pengantin yang ingin melakukan MCU pranikah. Untuk layanan ini, tersedia paket pemeriksaan Jamrud A untuk calon pengantin pria dan Jamrud B untuk pengantin wanita.

Untuk melakukan MCU pranikah, menurutnya lebih baik dilakukan 6 bulan sebelum hari pernikahan. Rentang waktu ini dimaksudkan bila ditemukan penyakit atau kelainan diharapkan dapat diobati dalam waktu tersebut. "Sehingga pada saatnya pernikahan, kedua pasangan sehat dan dapat menghasilkan keturunam yang sehat pula," katanya.

Dicontohkan penyakit yang dapat ditemukan bila melakukan MCU pranikah adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi yang akan berbahaya nantinya pada saat perempuan hamil yang dapat menyebabkan preeclamsia atau terhambatnya pertumbuhan janin. Selain itu penyakit obesitas. Penyakit ini bisa ditemukan pada calon pengantin baik lelaki maupun perempuan.

Kisah Herayati, Anak Tukang Becak yang Lulus S2 ITB dalam 10 Bulan, Kini Dapat Hadiah Umrah Gratis

Kondisi seperti ini bisa saja ditemukan calon pengantin menderita diabetes melitus yang dapat mempengaruhi tingkat kesuburan. Selain itu, penyakit lain yang bisa ditemukan adalah kelainan darah seperti thalasemia, penyakit menular seksual, dan penyakit hepatitis B atau C.

"Bisa juga dilakukan pemerinsaan TORCH dan sebagianya termasuk TBC. Dengan pemeriksaan bisa diketahui ada tidaknya penyakit yang bisa menularkan ke pasangannya," katanya.

Oleh karena itulah, pihaknya menyarankan perlunya menanamkan kebiasaan bagi calon pengantin dimanapun untuk melakukan MCU pranikah. Di luar negeri, MCU pranikah sudah menjadi suatu keharusan untuk menghasilkan keturunan yang sehat.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved