Kodam III/Siliwangi Waspadai Bencana Alam di Jawa Barat, Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana

Kodam III/Siliwangi mewaspadai berbagai bencana karena kerawanan bencana alam khususnya di wilayah Jawa Barat

Kodam III/Siliwangi Waspadai Bencana Alam di Jawa Barat, Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana
Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono saat melihat peta kerawanan bencana. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kodam III/Siliwangi mewaspadai berbagai bencana karena kerawanan bencana alam khususnya di wilayah Jawa Barat saat ini dinilai cukup tinggi.

Sebagai langkah kesiapan TNI menyikapi tingginya kerawanan bencana alam tersebut, Kodam III/Siliwangi menggelar simulasi penanggulangan bencana di Lapangan Tembak 300 Pusdikkav Kodiklat TNI AD Jalan Letkol G.A. Manulang Purabaya Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (30/7/2019).

Pantauan Tribun Jabar, simulasi tersebut dipimpin langsung Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono. Dalam simulasi itu, anggota TNI terlihat melakukan cara evakuasi hingga memberikan penanganan medis terhadap korban bencana alam.

Dalam simulasi bencana itu, Satgas penanggulangan bencana dan Tim kesehatan Kodam III/Siliwangi secara sistematis bergerak cepat melakukan evakuasi korban tertimpa runtuhan bangunan.

Pangdam mengatakan, simulasi siaga penanggulangan bencana tersebut bertujuan untuk mengukur langkah tepat yang harus dilakukan anggota TNI jika bencana alam terjadi di Jawa Barat.

Santosa Hospital Bandung Center Layani MCU Pranikah, Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Pranikah

"Simulasi itu dilakukan karena wilayah Jawa Barat sangat rawan terhadap bencana, diantaranya bencana tanah longsor, gunung meletus, banjir bandang dan kemungkinan juga bisa terjadinya tsunami diwilayah pantai selatan," ujarnya saat ditemui usai pelaksanaan simulasi.

Menurutnya, penanggulangan bencana, merupakan operasi yang kompleks karena biasanya dibarengi dengan kendala lain seperti infrastruktur umumnya rusak, listrik padam, bahan bakar sulit dicari, bantuan yang bisa diandalkan berasal dari masyarakat diluar daerah bencana

"Jadi dengan diadakanya simulasi ini, kami menyusun organisasi satuan-satuan tugas sehingga apabila terjadi bencana pihaknya siap menggerakan semua pasukan," katanya.

PT KAI Berlakukan Aturan Baru untuk Tarif Reduksi, Registrasinya Cukup Sekali

Selain itu, simulasi juga disebut untuk melatih satuan-satuan tugas yang dimiliki Kodam III/Siliwangi seperti sarua PP, Kesehatan, Hubdam, Paldam dan masing-masing satuan bekerja sesuai dengan fungsinya.

"Prinsipnya diketahui skala prioritas penanggulangan bencana. Yang pertama tentu nyawa terlebih dahulu, kemudian pemulihan," ucapnya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved