Gunung Tangkuban Parahu Erupsi

PVMBG Cek Kemungkinan Gas Beracun Pascaerupsi Gunung Tangkuban Parahu

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG) saat ini tengah mengecek kemungkinan masih ada atau tidaknya gas beracun yang dihembuskan di

PVMBG Cek Kemungkinan Gas Beracun Pascaerupsi Gunung Tangkuban Parahu
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kondisi Kawah Ratu Gunung Tangkubanparahu, Senin (29/7/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG) saat ini tengah mengecek  kemungkinan masih ada atau tidaknya gas beracun yang dihembuskan di Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu.

Pengamat Gunung Api Tangkuban Parahu, Adzan Anugerah Indiarsyah, mengatakan bahwa saat ini pihaknya bersama pengamat yang lainnya terus mengumpulkan data terkait adanya gas beracun tersebut.

"Memang gas itu fluktuatif keluarnya, gas yang ada di antaranya metan, sulfur, dan sulfida. Kalau konsentrasi gasnya tinggi, bisa muncul gejala sesak hingga pingsan," ujarnya saat ditemui di Pos Pemantauan Gunungapi Tangkuban Parahu, Senin (29/7/2019).

Gunung Tangkubanparahu Batal Dibuka Hari Ini, Sudah Habiskan 40 Tangki Air, Belum Juga Bebas Debu

Petugas saat membersihkan area Gunung Tangkubanparahu, Senin (29/7/2019).
Petugas saat membersihkan area Gunung Tangkubanparahu, Senin (29/7/2019). (Tribunjabar/Hilman Kamaludin)

Sementara terkait getaran atau tremor, kata dia, hingga saat ini terpantau dari seismograf dengan amplitudo tremor masih dalam rentang 0,5 hingga 3 milimeter.

"Jadi rekomendasi dari kami tetap jarak aman masih 500 meter dari bibir kawah aktif. Untuk statusnya masih normal level 1" katanya.

Ia mengatakan, saat ini, pihaknya terus melakukan pengumpulan data yang lainnya pasca Gunung Tangkuban Parahu tersebut erupsi untuk evaluasi data selanjutnya.

Direktur PT Graha Rani Putra Persada (GRPP), Putra Kaban, mengatakan kondisi Kawah Ratu pascaerupsi beberapa hari lalu, saat ini kondisi sudah aman dan normal.

"Kalau kondisi di sini sudah biasa, coba saja lihat. Ini sudah berhari-hari kondisinya seperti ini, tapi tetap kita ikuti rekomendasi," katanya.

Kabar Terkini Gunung Wisata Tangkuban Parahu, Pedagang Boleh Masuk Bersihkan Kios, Pengunjung Belum

VIDEO-Pasca Erupsi Gunung Tangkuban Parahu, Ini yang Dikemukakan Oleh Putra Kaban Sebagai Pengelola

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved