Serahkan Aset ke Pemkab Pangandaran, PDAM Tirta Galuh Ciamis Kehilangan 2.858 pelanggan

Tetapi bukan karena adanya ribuan pelanggan yang berhenti (DO) secara masal, atau juga bukan karena adanya ribuan pelanggan yang terpaksa puso (rekeni

Serahkan Aset ke Pemkab Pangandaran, PDAM Tirta Galuh Ciamis Kehilangan 2.858 pelanggan
Tribun Jabar/Andri M Dani
Herdiat Sunarya-Yana D Putera. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Di musim kemarau ini PDAM Tirta Galuh Ciamis kehilangan 2.858 pelanggan.

Tetapi bukan karena adanya ribuan pelanggan yang berhenti (DO) secara masal, atau juga bukan karena adanya ribuan pelanggan yang terpaksa puso (rekeningnya dihapus) karena tidak terlayani pasokan air bersihnya akibat kemarau.

Namun “kehilangan” 2.858 pelanggan tersebut terjadi setelah Pemkab Ciamis selaku pemilik PDAM Tirta Galuh menyerahkan secara resmi semua aset PDAM Tirta Galuh Ciamis Cabang Layanan Pangandaran kepada Pemkab Pangandaran, sesuai dengan amanat UU No 21 tahun 2012 tentang pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Pangandaran sebagai pemekaran Kabupaten Ciamis.

“Penyerahan aset PDAM tersebut merupakan amanat dari UU No 21 tahun 2012,” ujar Direktur PDAM Tirta Galuh Ciamis, Cece Hidayat, yang didampingi Kabag Layanan dan Pelanggan, Dadan Firdaus Hielmy kepada Tribun Jabar, Jumat (26/7/2019).

Dua WNA yang Menetap di Ciamis Dideportasi, Izin Tinggal Kedaluwarsa Sejak 2016

Penyerahan aset PDAM tersebut katanya  berlangsung di Pangandaran, Senin (15/7/2019) di Pangandaran oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, kepada Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata.

Pada kesempatan tersebut Herdiat Sunarya yang didampingi Wabup Yana D Putra serta Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana, juga menyerahkan asset BPR BKPD Pangandaran.

Kedua aset BUMD yang diserahkan tersebut berada di wilayah Kabupaten Pangandaran.

Menurut Cece, PDAM Tirta Galuh Ciamis semula memiliki 6 wilayah cabang layanan pelanggan dengan total jumlah pelanggan 29.600 SL.

Keenam cabang layanan tersebut meliputi cabang Ciamis Kota, Sindangkasih, Panumbangan, Kawali, Bapamapurla, dan Cabang Pangandaran.

Cabang Pangandaran ini memiliki 2.858 pelanggan yang tersebar di  Padaherang dan Mangunjaya (145 Sambungan langanggan/SL ) dengan sumber air baku mata air), Kalipucang (277 SL, sumber air baku mata air) , Parigi ( 591 SL, dengan air baku dari Sungai Citumang) berikut Pangandaran (1.146 SL) dan Sidamulih (693 SL) dengan sumber air baku, air permukaan Sungai Ciputrapinggan.

Total asset PDAM Tirta Galuh Cabang Pangandaran yang diserahkan ke Pemkab Pangandaran tersebut mencapai 30 milyar, meliputi jaringan pipa, instalasi pengolahan  termasuk potensi rekening sekitar Rp 200 juta/bulan.

“Termasuk juga diserahkan 20 orang karyawan. Meski asset Cabangan Pangandaran ini sudah diserahkan  ke Pemkab Pangandaran, PDAM Tirta Galuh Ciamis masih punya kewajiban pendampingan atau asistensi selama tiga bulan,” ujar Kabag Layanan dan Pelanggan PDAM Tirta Galuh Ciamis, Dadan Firdaus Hielmy.

Universitas di Ciamis Ini Menjadi Satu-satunya Universitas di Dunia yang Mengajarkan Mata Kuliah Ini

Calon Haji Pasangan Suami Istri di Ciamis Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Penulis: Andri M Dani
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved