PPDB 2019, Nasib Sekolah Swasta Sepi Peminat, Ada SMK di yang Baru Terima 7 Siswa

"Hal itu sudah biasa, nanti setelah penutupan PPDB sekolah negeri biasanya masuk ke swasta, sejauh ini baru ada yang daftar 7 orang saja," ujarnya saa

PPDB 2019, Nasib Sekolah Swasta Sepi Peminat, Ada SMK di yang Baru Terima 7 Siswa
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Suasana di SMK BNN Cisarua Kabupaten Bandung Barat, Kamis (25/7/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Sejak dibuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2019, SMK Bhakti Nusantara Nasional (BNN) Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, hingga saat ini baru menerima tujuh orang siswa baru.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar, sekolah yang dibangun sejak tahun 2012 itu memiliki enam ruang kelas dan tiga lantai.

Namun setiap harinya selalu sepi dan sisa ruang kelas lain terlihat masih kosong.

Lokasi sekolah ini berada di sekitar pemukiman warga setempat atau  sedikit menjorok dari ruas jalan utama di Cisarua dengan kondisi jalan yang tidak terlalu lebar.

Disdik Kota Cimahi Akui Masih Ada Kelemahan dalam PPDB Tingkat SMP

Kepala SMK BNN Cisarua, Soma, mengatakan bahwa minimnya peminat sekolah swasta karena sebagian besar calon peserta didik lebih memilih mendaftar ke sekolah negeri dalam PPDB tahun ini.

"Hal itu sudah biasa, nanti setelah penutupan PPDB sekolah negeri biasanya masuk ke swasta, sejauh ini baru ada yang daftar 7 orang saja," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Kamis (25/7/2019).

Atas hal tersebut, kata Soma, pihak sekolah pun akan membuka pendaftaran hingga batas waktu yang tidak ditentukan agar jumlah siswa yang masuk ke sekolah tersebut tidak terlalu sedikit.

Menurutnya, sistem zonasi yang diberlakukan pada PPDB tahun ini juga disinyalir berpengaruh terhadap minimnya jumlah siswa di sekolah tersebut.

"Pada PPDB tahun-tahun sebelumnya juga sama sedikit, tapi terus bertambah, semoga tahun ini juga jumlahnya bertambah," katanya.

Halaman
12
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved