Rombongan Terakhir Calhaj Asal Ciamis Diberangkatkan, Tahun Ini Ada yang Beda dalam Penjemputan

Sebanyak 404 orang calhaj asal Ciamis yang tergabung dalam Kloter 61 JKS diberangkatkan ke Embarkasi Haji Bekasi dari Gedung Dakwah Islamic Center

Rombongan Terakhir Calhaj Asal Ciamis Diberangkatkan, Tahun Ini Ada yang Beda dalam Penjemputan
Tribun Jabar/Andri M Dani
Calon haji ( calhaj) asal Ciamis yang tergabung dalam Kloter 61 JKS diberangkatkan ke Embarkasi Haji Bekasi dari Gedung Dakwah Islamic Center Ciamis, Rabu (24/7/2019) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Sebanyak 404 orang calon haji ( calhaj) asal Ciamis yang tergabung dalam Kloter 61 JKS diberangkatkan ke Embarkasi Haji Bekasi dari Gedung Dakwah Islamic Center Ciamis, Rabu (24/7/2019) siang.

Rombongan terakhir calhaj asal Ciamis tersebut dilepas keberangkatannya oleh Wabup Ciamis Yana D Putra yang didampingi unsur Muspida dan Sekda Ciamis.

Menurut Kepala Kantor Kemenag Ciamis, Drs KH Agus Abdul Kholik, calhaj Kloter 61 JKS tersebut utuh 404 orang diberangkatkan ke Embarkasi Haji Bekasi. Tidak ada yang gagal berangkat karena sakit dan mereka didampingi 6 orang petugas.

Ke-404 orang calhaj Kloter 61 JKS asal Ciamis tersebut terdiri dari 182 orang laki-laki dan 222 orang perempuan.

PPIH Protes Sales Kartu Perdana Arab Saudi, Dinilai Mengganggu Kenyamanan Jemaah Haji Indonesia

Mereka berasal dari 5 KBIH yakni KBIH Nurul Iman (Sadananya), KBIH Al Marwah (Banjarsari), KBIH Nurul Huda (Panjalu), KBIH MUltazam (Sukadana), dan KBIH MPAI (Rancah).

Calhaj termuda atas nama  Irfan Hidayat (21 tahun 7 bulan) dan tertua atas nama Nurhaeri Sastrawijaya (89 tahun 6 bulan).

 Mereka diberangkatkan dari Ciamis sekitar pukul 12.30 menuju Embarkasi Haji Bekasi dengan menggunakan 10 bus carteran dan 1 bus cadangan.

Total calhaj asal Ciamis yang terdaftar untuk diberangkatkan pada musim haji tahun 2019 ini, kata Agus, sebanyak 1.116 orang yang terbagi atas 3 kelompok terbang.

Seorang Calon Jemaah Haji Kota Cirebon Didenda Rp 8 Juta oleh Pemerintah Arab Saudi, Ini Sebabnya

Yakni Kloter 08 JKS yang bertangkat  dari Ciamis, Minggu (7/7), Kloter 53 JKS  yang berangkat dari Ciamis, Senin ( 22/7), dan terakhir Kloter 61 JKS. Namun 4 orang di antaranya batal berangkat ke tanah suci karena sakit. Yakni dua orang dari Kloter 08 JKS dan dua orang dari Kloter 53 JKS.

Calon haji ( calhaj) asal Ciamis yang tergabung dalam Kloter 61 JKS diberangkatkan ke Embarkasi Haji Bekasi dari Gedung Dakwah Islamic Center Ciamis, Rabu (24/7/2019) siang.
Calon haji ( calhaj) asal Ciamis yang tergabung dalam Kloter 61 JKS diberangkatkan ke Embarkasi Haji Bekasi dari Gedung Dakwah Islamic Center Ciamis, Rabu (24/7/2019) siang. (Tribun Jabar/Andri M Dani)

Beda soal Penjemputan

Kepala Kantor Kemenag Ciamis, Drs KH Agus Abdul Kholik mengatakan untuk tahun ini tidak ada lagi prosesi penjemputan jemaah  haji yang pulang dari Tanah Suci.

“Tahun-tahun sebelumnya jemaah haji yang pulang dari Tanah Suci, dari embarkasi tidak langsung pulang ke kampung masing-masing. Tetapi terlebih dahulu serentak diturunkan d Gedung Dakwah Islamic Center Ciamis. Dan para sanak saudara sudah menunggu untuk menjemput . Mulai tahun ini tidak ada lagi penjemputan jemaah haji dari Islamic Center, jemaah haji dari Embarkasih Haji Bekasi langsung ke kecamatan asal sesuai KBIH. Di Ciamis ada 15 KBIH, bus pemulangan jemaah haji dikelompokan berdasarkan KBIH. Pihak keluarga langsung menjemput jemaah ke KBIH masing-masing jemaah,” jelas KH Agus Abdul Kholik.

Ditegaskannya mulai tahun ini di Ciamis yang ada hanya prosesi pelepasan pemberangkatan calon jemaah haji (dari Gedung Dakwah Islamic Center Ciamis) dan prosesi penjemputan jemaah haji ditiadakan. (andri m dani)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved