Prabowo Temui Megawati, Pertanda Gerindra Gabung Koalisi Jokowi?

Menurut Leo Agustino, sangat mungkin terjadi kalau Gerindra tidak akan jadi penyeimbang yang kritis pada 2019-2024.

Prabowo Temui Megawati, Pertanda Gerindra Gabung Koalisi Jokowi?
Pramono Anung
Megawati bertemu Prabowo Subianto di kediaman Megawati di Jl Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA -- Pertemuan Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bukan sekedar tawaran dan makan nasi goreng untuk makan siang bersama.

Pertemuan dua teman lama yang pernah berpasangan dalam Pilpres 2009 lalu itu dilihat sebagai sinyal semakin dekatnya Partai Gerindra akan bergabung ke koalisi pendukung Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) di 2019-2024.

Hal itu disampaikan Pengamat politik, Leo Agustino kepada Tribunnews.com, Rabu (24/7/2019).

"Politik itu dinamis. Lawan bisa jadi kawan, begitu sebaliknya. Begitu juga dengan politik nasi goreng yang ditunjukkan siang tadi di Teuku Umar. Adanya tawaran makan siang dan makan siang tersebut disambut oleh Prabowo," ujar Pengajar di Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Serang, Banten ini.

Menurut Leo Agustino, sangat mungkin terjadi kalau Gerindra tidak akan jadi penyeimbang yang kritis pada 2019-2024.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019) siang.
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019) siang. (Fransiskus Adhiyuda/Tribunnews.com)

Sebab pertemuan Megawati dengan Prabowo, dia menilai, sebagai awal dari bergabungnya Gerindra ke koalisi Jokowi-KH Maruf Amin.

"Secara kasat ini menunjukkan semakin dekatnya kemungkinan Partai Gerindra untuk bergabung. Saya lihat sebagai awal dari bergabungnya Gerindra ke koalisi Jokowi-KH Maruf Amin," tegas Leo Agustino.

Tentu saja harapan ke depan konstelasi politik tidak menjadi lebih panas dan runyam, pascapertemuan Megawati dengan Prabowo.

"Karena pergulatan ini akan menyita energi yang justru membuat persatuan menjadi setback," ucapnya.

Politik Nasi Goreng Megawati Yang Ampuh

Presiden kelima Megawati Soekarnoputri mengungkapkan pertemuannya dengan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai pertemuan kawan lama. Menjalin persahabatan, untuk bangsa dan negara.

Halaman
1234
Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved