Syarat Rekonsiliasi 55:45 Amien Rais, PDIP Sebut Tak Ada Power Sharing, PKB Minta PAN Tetap Opisisi

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengajukan syarat rekonsiliasi antara kubu Jokowi- Maruf Amin dan Prabowo- Sandiaga Uno.

Syarat Rekonsiliasi 55:45 Amien Rais, PDIP Sebut Tak Ada Power Sharing, PKB Minta PAN Tetap Opisisi
Kolase Tribun Jabar (Instagram/@indonesiaadilmakmur/Tribunnews.com)
Syarat Rekonsiliasi 55:45 Amien Rais, PDIP Sebut Tak Ada Power Sharing, PKB Minta PAN Tetap Opisisi 

TRIBUNJABAR.ID - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengajukan syarat rekonsiliasi antara kubu Jokowi- Maruf Amin dan Prabowo- Sandiaga Uno.

Syarat tersebut berupa ide pembagian kursi pemerintah 55:45. Bila tidak terpenuhi, maka pihak Amien Rais memilih jadi oposisi.

Melansir dari Kompas.com, Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Djajad Wibowo mengatakan maksud Amien Rais terkait syarat rekonsiliasi tersebut.

Drajad mengatakan pembagian porsi tersebut diharapkan akan terjadi rekonsiliasi dukungan.

Usul pembagian kursi sebesar 55:45 di dalam pemerintahan itu diungkapkan Amien Rais didasarkan kepada persentase perolehan suara pilpres yang diumumkan oleh KPU.

"Artinya, nanti 55 ditambah 45 sama dengan 100 persen. Itu bersama-sama membantu Pak Jokowi dan Pak Maruf sebagai Presiden dan Wapres," kata Drajad saat dihubungi, Senin (22/7/2019).

Terkait pernyataan Amien Rais soal syarat rekonsiliasi, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa tak ada konsep power sharing atau pembagian kekuasaan dalam sistem parlementer.

"Kita kan tidak mengenal power sharing sebagaimana sistem parlementer," ujar Hasto saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019).

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais (Kolase Tribun Jabar/Tribunnews.com)

Menurut Hasto, partai politik yang terbentuk dalam koalisi, baik koalisi pendukung Jokowi maupun Prabowo merupakan basis legitimasi dari dukungan rakyat.

Dukungan rakyat, kata Hasto, tidak selalu dilakukan melalui pembagian kekuasaan.

Halaman
123
Penulis: Fidya Alifa Puspafirdausi
Editor: Widia Lestari
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved