Sejak Pagi, Warga Bersihkan Pantai Sedari Karawang dari Tumpahan Minyak

Tumpahan minyak di utara perairan Karawang sejak tiga hari lalu meluas hingga ke pantai dan membuat pasir di pantai menghitam.

Ilham Ryan Pratama/Tribunnews.com
Warga Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, membersihkan pantai utara Karawang, Jawa Barat, dari tumpahan minyak, Selasa (23/7/2019) pagi. 

TRIBUNJABAR.ID, KARAWANG- Sejak pagi, sejumlah warga Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, membersihkan pantai utara Karawang, Jawa Barat, dari tumpahan minyak.

Mereka datang ke pantai membawa alat pengeruk dari kayu lalu mengeruk pasir-pasir yang menghitam di sepanjang bibir pantai.

Tumpahan minyak di utara perairan Karawang sejak tiga hari lalu meluas hingga ke pantai dan membuat pasir di pantai menghitam.

Pantauan di lokasi pukul 6.00 WIB, pasir yang menghitam tersebut ada yang sudah mengeras dan sudah dijauhkan dari air laut.

"Pasir-pasir ini nanti dimasukkan ke karung, kemudian dibawa ke sana itu ( Pertamina Hulu Energy Offshore North Erst Java atau PHE ONWJ)" kata Siman (40) warga Dusun Tirtasari, Desa Sedari, Selasa (23/7/2019).

Siman mengatakan, sejak hari Sabtu pasir yang menghitam sudah mulai dibersihkan.

Minyak Jelantah Bisa Jadi Bahan Sabun dan Biodiesel, Jangan Buang Sembarangan

Kebiasaan Sepele yang Bisa Bikin Minyak Rem Motor Mudah Rusak

Berhubung Pantai Sedari merupakan objek wisata di Karawang, pembersihan dilakukan agar pada akhir pekan Pantai Sedari tetap dikunjungi.

"Ini kami bersihkan mulai dari pagi, karena nanti siang bau minyaknya mulai menyengat," lanjut Siman.

Siman kemudian kembali bekerja, mengeruk pasir yang menghitam dan mengumpulkannya dalam beberapa gundukan kecil. Hal yang sama juga dilakukan perangkat desa Dusun Tirtasari, Timin.

Jika warga tak mulai mengeruk pasir hitam sejak pagi, ucap Timin, tumpahan minyak akan menimbulkan bau menyengat.

Ada hal lain juga ada yang dikhawatirkan warga. "Kalau kena panas matahari nanti takutnya ini bakal meleleh," katanya.

Seperti diketahui, tumpahan minyak yang membuat pasir-pasir di Pantai Sedari menghitam tersebut berasal dari insiden kebocoran di perairan utara Karawang.

"Lokasi kebocoran di titim koordinat S 6 09 35" E 107 60'28" kata Kapolres Karawang, AKBP Nuredy Irwansyah Putra, Senin (22/7/2019). (Ilham Rian Pratama)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Khawatir Bau Menyengat, Sejak Pagi Warga Bersihkan Pantai Akibat Tumpahan Minyak di Pesisir Karawang

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved