Joko Driyono Dihukum 1,5 Tahun Pidana, Lebih Ringan Dibanding Tuntutan JPU, Begini Penjelasannya

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan vonis 1,5 tahun kepada Joko Driyono dalam kasus penghilangan barang bukti pengaturan skor, dalam sidang

Joko Driyono Dihukum 1,5 Tahun Pidana, Lebih Ringan Dibanding Tuntutan JPU, Begini Penjelasannya
BolaSport.com/Muhammad Robbani
Sidang putusan terdakwa Joko Driyono di PN Jakarta Selatan, Selasa (23/7/2019). 

TRIBUNJABAR.ID - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan vonis 1,5 tahun kepada Joko Driyono dalam kasus penghilangan barang bukti pengaturan skor, dalam sidang pada Selasa (23/7/2019).

Padahal, sebelumnya jaksa penuntut umum (JPU) menuntut Joko Driyono dihukum 2,5 tahun.

Dalam putusan ini, Majelis Hakim menyimpulkan bahwa Joko Driyono tak terbukti dalam kasus pengaturan skor melainkan pengerusakan, mengajak, dan menghilangkan barang bukti pengaturan skor.

"Menjatuhkan penjara satu tahun enam bulan penjara. Dengan pasal yakni pasal 235 jo pasal 233 Pasal 55 ayat 1 kedua KUHP," kata Hakim Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam sidang putusan terdakwa Joko Driyono, Kartim Haeruddin membacakan putusan dalam sidang.

Joko Driyono Divonis 1 Tahun 6 Bulan Penjara, Hilangkan Alat Bukti Pengaturan Skor Liga 1

"Sebagaimana laporan polisi atas nama Lasmi Indaryani. Menimbang majelis hakim tak sependapat agar terdakwa divonis dua tahun," ujar Kartim Haeruddin seusai sidang.

"Keadaan yang memberatkan perbuatan terdakwa adalah mempersulit proses penyidikan proses lain yang ditangani penyidik Polda Metro Jaya. Meringankan, terdakwa bersifat sopan dan menyesali perbuatannya dan terdakwa telah berjasa membangun sepak bola di PSSI," katanya lagi.

Sementara itu, pihak kuasa hukum Joko Driyono, Mustofa Abidin, mengungkapkan alasannya tak mendatangkan saksi yang meringankan hukuman terdakwa.

Padahal, selama proses persidangan sejak awal, pihak JPU sudah mendatangkan tujuh orang saksi, termasuk dari Satgas Antimafia Bola.

"Kami melihat saksi-saksi yang kemarin hingga hari ini sudah cukup menyimpulkan bagaimana kondisi dibanding dakwaan-dakwaan jaksa yang sudah diumumkan," kata Mustofa Abidin.

"Sehingga kami pun juga memutuskan bahwa tidak ada saksi baik fakta maupun ahli, kami sudah merasa cukup semua," ucapnya lagi. (BolaSport.com/Muhammad Robbani)

Dituntut 2 Tahun 6 Bulan, Joko Driyono Akan Bacakan Pledoi Pribadi, Kuasa Hukum Siapkan 100 Halaman

Editor: Theofilus Richard
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved