Jembatan Penghubung Tasik-Garut Rusak, Warga Terpaksa Lewat Jalan Memutar Makan Waktu 1,5 Jam

Jembatan Cipangarangan yang merupakan penghubung beberapa kampung di Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya dan Kecamatan Salawu, Kabupaten Garu

Jembatan Penghubung Tasik-Garut Rusak, Warga Terpaksa Lewat Jalan Memutar Makan Waktu 1,5 Jam
Tribun Jabar/Isep Heri
Jembatan Cipangarangan yang merupakan penghubung beberapa kampung di Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya dan Kecamatan Salawu, Kabupaten Garut sudah lama rusak. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Jembatan Cipangarangan yang merupakan penghubung beberapa kampung di Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya dan Kecamatan Salawu, Kabupaten Garut sudah lama rusak.

Jembatan tersebut menghubungkan Kampung Cibaeud, Bebedahan, Sukahurip, Kaduhandap, Jaerun, Cibihuk.

Jembatan gantung di atas Sungai Ciwulan yang berada di perbatasan Desa Lengkongjaya, Kecamatan Cigalontang dan Desa Serang, Kecamatan Salawu tersebut kondisinya memperihatinkan.

Material besi yang menjadi alas, tiang dan juga kawat tali terlihat sudah berkarat.

Murid SD di Cigalontang Tasikmalaya Ini Bertaruh Nyawa Sebrangi Jembatan Rusak

Bahkan alas jembatan sudah tak nampak, dan warga sekitar menaruh sejumlah bambu di beberapa bagian agar jembatan tetap bisa digunakan.

Tak ayal sejumlah warga yang kerap melintasi jembatan yang di bangun sekitar 8 tahun lalu itu harus beruji nyali.

Warga yang melintas harus saling berpegangan ke sisi jembatan sambil memastikan langkahnya tepat, karena beberapa bagian terlihat lobang karena tak ada alas bambu untuk kaki menapak.

Warga bukan tidak punya pilihan. Sebagian warga masih tetap melintas di jembatan rusak itu karena jarak tempuh lebih dekat.

Tokoh Masyarakat Kampung Cibaeud, Ustaz Gugun Gunawan (37), mengatakan bahwa Jembatan Cipangarangan merupakan akses yang sangat dibutuhkan warga sekitar.

Halaman
12
Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved