Jembatan Penghubung Tasik-Garut Rusak, Warga Sering Minta Diperbaiki, Pemerintah Belum Bertindak

Jembatan tersebut menghubungkan Kampung Cibaeud, Bebedahan, Sukahurip, Kaduhandap, Jaerun, Cibihuk dan beberapa kampung lainnya.

Jembatan Penghubung Tasik-Garut Rusak, Warga Sering Minta Diperbaiki, Pemerintah Belum Bertindak
Tribun Jabar/Isep Heri
Jembatan Cipangarangan, Tasikmalaya 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Keberadaan Jembatan Cipangarangan yang merupakan penghubung beberapa kampung di Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya dan Kecamatan Salawu, Kabupaten Garut, sangat menunjang kehidupan masyarakat setempat.

Jembatan tersebut menghubungkan Kampung Cibaeud, Bebedahan, Sukahurip, Kaduhandap, Jaerun, Cibihuk dan beberapa kampung lainnya.

Jembatan gantung di atas Sungai Ciwulan yang berada di perbatasan Desa Lengkongjaya, Kecamatan Cigalontang dan Desa Serang, Kecamatan Salawu, tersebut kondisinya rusak parah selama dua tahun terakhir.

Camat Cigalontang, Sobari, mengatakan selama jembatan gantung tersebut rusak parah, pihaknya telah mengajukan beberapa kali permintaan perbaikan pada Pemkab Tasikmalaya.

"Upaya kami dari desa dari kecamatan selama ini sudah ajukan perbaikan ke dinas terkait. Mungkin belum bisa diperbaiki karena ya belum ada anggarannya mungkin," kata Sobari saat dihubungi via telepon, Selasa (23/7/2019).

Ratusan Murid SD Negeri di Bengkulu Belajar di Jalan, Masalah dengan Ahli Waris Tanah Belum Tuntas

Ia juga sempat mendengar bahwa ada anggota dewan yang berniat memperbaiki Jembatan Cipangaran tersebut.

"Memang mendengar akan menjadikan jembatannya permanen. Enggak tahu ke provinsi apa ke pusat. Mungkin sudah diajukan dan memang butuh anggaran besar kalau akan menjadi jalur alternatif," tutur Sobari.

Menurutnya, wacana yang digulirkan mengenai pembangunan jembatan permanen dan akan menjadi alternatif Garut-Singaparna pastinya akan menguntungkan bagi wilayahnya.

"Pastinya sangat bermanfaat bagi warga apalagi potensi yang ada di Cigalontang perlu didorong," ujarnya.

Dia menambahkan, ke depan pihaknya akan terus mencoba mengajukan perbaikan jembatan dan bermusyawarah dengan warga untuk mencari solusi, karena akses tersebut sangat penting.

"Nanti akan di musyawarahkan bagaimana solusinya apa dengan cara gotong-royong atau bagaimana kita lihat sambil menunggu," katanya.

Janji Anggota DPRD Ditagih; Akan Perbaiki Jembatan Cipangarangan, Jadi Jalur Alternatif Tasik-Garut

Jembatan Penghubung Tasik-Garut Rusak, Warga Terpaksa Lewat Jalan Memutar Makan Waktu 1,5 Jam

Jembatan Gantung Penghubung Tasikmalaya- Garut Ini Rusak, Setiap Hari Warga Terpaksa Uji Nyali

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved