Viral Siswa MAN di Sukabumi Kibarkan Bendera Kalimat Tauhid, Kemenag Investigasi, Ini Hasilnya

Di media sosial viral adanya siswa MAN 1 Sukabumi mengibarkan bendera kalimat Tauhid di halaman sekolah. Kemenag langsung investigasi, hasilnya?

Viral Siswa MAN di Sukabumi Kibarkan Bendera Kalimat Tauhid, Kemenag Investigasi, Ini Hasilnya
Istimewa/Kemenag RI
Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswan (KSKK) Madrasah A Umar mengunjungi MAN di Sukabumi. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Di media sosial viral adanya siswa MAN 1 Sukabumi mengibarkan bendera kalimat Tauhid di halaman sekolah.

Banyak memberikan komentar adanya viral siswa mengibarkan bendera kalimat Tauhid itu.

Bahkan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pun ikut dimenstion unggahan itu.

Mendapati adaa laporan siswa MAN 1 Sukabumi mengibarkan bendera kalimat tauhid di sekolah, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memerintahkan tim khusus untuk melakukan investigasi.

Tim utusan Menteri Agama ini kemudian pergi ke MAN 1 Sukabumi mencari tahu dan melakukan penanganan serius terhadap masalah tersebut.

Jemaah Kajian Ustaz Abdul Somad di Bandung Diingatkan Bawa Bendera Merah Putih dan Bendera Tauhid

Dikutip dari laman resmi kemenag.do.id, utusan Menteri Ahama, Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswan (KSKK) Madrasah A Umar langsung mengunjungi MAN 1 Sukabumi.

Sebelum sampai ke sekolah, A Umar berkoordinasi dengan Kepala Kankemenag setempat.

Tim kemudian melakukan konfirmasi dan verifikasi atas informasi yang beredar kepada Kepala MAN 1 Sukabumi dan siswa yang mengibarkan bendera.

"Berdasarkan penjelasan mereka dan keterangan sejumlah pihak, untuk sementara kami berkesimpulan bahwa tidak ada indikasi keterkaitan dengan HTI," jelas A Umar di MAN 1 Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (21/07).

Untuk diketahui, HTI adalah organisasi yang sudah dilarang di Indonesia.

Dari hasil penelusuran, kata A Umar, kejadian siswa mengibarkan bendera berisi kalimat Tauhid itu karena ketidaktahuan siswa atas bendera yang mirip dengan bedera yang digunakan oleh HTI.

Pemilihan Rektor UIN SGD Tinggal Tunggu Putusan Menteri Agama, Ada 6 Calon Satu Rektor Petahana

Tindakan mengibarkan bendera berisi kalimat Tauhid itu dilakukan siswa dengan maksud mengajak siswa baru untuk aktif di kegiatan keagamaan.

Meski tak diketemukan keterkaitan antara siswa MAN 1 Sukabumi dengan organisasi terlarang HTI, Kemenag RI tetap memberikan pengertian dan pembinaan kepada siswa dan guru MAN 1 Sukabumi.

"Tadi disepakati juga bahwa Kepala Kankemenag Sukabumi akan segera melakukan pembinaan ke seluruh madrasah setempat agar tidak terjadi kasus serupa serta tidak terpapar paham ekstrem dan pengaruh ormas terlarang," ujarnya, masih dari artikel di laman kemenag.go.id.

Penulis: Kisdiantoro
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved