Untuk Tetapkan Kursi Parpol dan Caleg, KPU Kota Bandung Gelar Rapat Pleno

KPU Kota Bandung, menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan penetapan calon terpilih anggota DPRD hasil Pemilu 2019

Untuk Tetapkan Kursi Parpol dan Caleg, KPU Kota Bandung Gelar Rapat Pleno
Tribun Jabar/Cipta Permana
Wali Kota Bandung, Oded M Danial menjelaskan tentang peningkatan angka partisipasi pemilih di Kota Bandung, dalam acara rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Tingkat Kota Bandung hasil Pemilu 2019, di Horison Hotel Bandung, Senin (22/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Tingkat Kota Bandung hasil Pemilu 2019, di Horison Hotel Bandung, Jalan Pelajar Pejuang, Bandung Senin (22/7/2019).

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Wali Kota Bandung, Oded M Danial dan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, serta jajaran Forkopimda Kota Bandung.

Ketua KPU Kota Bandung, Suharti mengatakan, digelarnya rapat pleno penetapan anggota DPRD Kota Bandung terpilih hari ini, seiring dengan surat putusan Mahkamah Konstitusi tertanggal 16 Juli 2019 yang memutuskan data wilayah kabupaten/kota yang mengalami gugatan terkait penyelenggaraan Pemilu 2019, dan Kota Bandung tidak termasuk didalamnya. Dengan demikian Kota Bandung dapat menyelenggarakan penetapan tersebut.

"Sesuai dengan PKPU tahapan, KPU bisa melakukan penetapan calon (anggota DPRD) terpilih, paling lambat sampai keluarnya surat KPU dan putusan MK yang menjelaskan terkait bukti RPK (registrasi perkara pemilu), karena Kota Bandung tidak ada gugatan apapun terkait penyelenggaraan Pemilu, maka kita bisa lakukan penetapan hari ini. Karena kalau ada, penetapan ini baru bisa di laksanakan setelah tanggal 12 Agustus atau putusan sesudah MK itu keluar," ujarnya saat ditemui disela acara.

KPU Garut Tetapkan 50 Anggota DPRD Garut, Berikut Nama-namanya, Gerindra dan Golkar Paling Banyak

Dalam kesempatan tersebut, Suharti pun menjelaskan bahwa, angka partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019 di Kota Bandung alami peningkatan di bandingkan dengan penyelenggaraan di tahun 2014. Bahkan prestasi tersebut mampu melampaui target partisipasi secara nasional juga capaian partisipasi di Jawa Barat.

"Tingkat partisipasi kita ada di angka 87,64 persen atau 1,7 juta pemilih. Capaian ini ada di atas target nasional yang hanya 77,5 persen, dan partisipasi di Jabar pun hanya 82 persen. Jadi kita bisa melampui target nasional dan perolehan partisipasi tingkat Jawa Barat, meski secara pengukuran, kami hanya menghitung jumlah kehadiran pemilih ke TPS (tempat pemungutan suara) dan tidak melihat secara kualitas, karena untuk mengetahui tingkat partipasi secara kualitas di butuhkan riset yang lebih mendalam," ucapnya.

Hilman Wahyudi Hanya Lengser dari Ketua Divisi Keuangan, Hingga Kini Masih Jabat Ketua KPU Cianjur

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded M Danial menilai, meningkatnya angka partisipasi pemilih di Kota Bandung, selain dapat menjadi indikator bahwa penyelenggaraan Pemilu di Kota Bandung berjalan kondusif, tetapi juga tingkat kesadaran dan pemahaman warga Kota Bandung akan demokrasi sudah semakin baik.

"Jadi adanya peningkatan angka partisipasi ini, menunjukan bahwa warga Kota Bandung itu sudah pada paham akan esensi politik, artinya dan saya yakin warga Bandung juga sudah paham akan NKRI, buktinya angka partisipasi politiknya terus alami peningkatan dari penyelenggaraan pemilu sebelumnya tahun 2014 dan juga Pilkada 2018," ujarnya di lokasi yang sama.

Ia pun berpesan, agar seluruh warga Kota Bandung dan unsur Pemerintahan daerah dapat bersama-sama membangun Kota Bandung yang lebih baik di masa depan melalui konsep silaturahmi dan komukasi (Cipta Permana).

Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved