Menteri Perdagangan Lobi China Cabut Restriksi Impor Komoditas Indonesia, Termasuk Perikanan

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengatakan bahwa nilai ekspor Indonesia akan meningkat melalui pembentukan joint working group bersama China

Menteri Perdagangan Lobi China Cabut Restriksi Impor Komoditas Indonesia, Termasuk Perikanan
Tribun Jabar/ Muhamad Syarif Abdussalam
Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita, menghadiri Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019 yang digelar di Jalan Diponegoro, depan Gedung Sate, Selasa (19/3/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, mengatakan bahwa nilai ekspor Indonesia akan meningkat melalui pembentukan joint working group bersama China.

Solusi atas hambatan perdagangan yang dihadapi Indonesia tersebut dibahas Enggartiasto Lukita bersama Minister of General Administration of Custom China (GACC) Ni Yuefeng, di Kantor GACC Beijing, China.

“Dengan pendekatan yang kami lakukan dan persetujuan dari GACC, bisa segera kita dapatkan, maka akan meningkatkan ekspor sekitar USD 1 miliar. Terlebih lagi kalau seafood bisa diizinkan,” kata Enggartiasto Lukita melalui siaran pers yang diterima, Senin (22/7/2019).

Pengacara Sebut Gugatan Mulan Jameela pada Gerindra Didukung Al, El dan Dul

Pemerintah RI, katanya, mengharapkan agar China memberi kemudahan atas ekspor sarang burung walet, buah-buahan tropis semisal nanas, buah naga, alpukat, durian, serta produk perikanan.

Dijelaskan, salah satu kendala yang menghambat laju ekspor berbagai komoditas tersebut adalah lamanya proses verifikasi yang dilakukan oleh GACC.

Menanggapi hal tersebut, kata Enggartiasto Lukita, Menteri Ni Yuefeng merespons dengan baik dan akan menindaklanjuti permasalahan yang disampaikan Indonesia.

Diharapkan, komunikasi berjalan lebih baik, terutama pembahasan hal-hal yang bersifat teknis untuk memperlancar perdagangan kedua negara.

Tak hanya sarang burung walet, berbagai buah-buahan Indonesia juga masih mengalami kesulitan untuk memasuki pasar China.

Hingga kini, tercatat hanya lima jenis buah-buahan Indonesia yang bisa diekspor ke China.

Halaman
1234
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved