Industri Musik Masih Akan Tetap Menjanjikan, Ini Kata Maestro Musik Tanah Air Purwa Tjaraka

Berkembangnya teknoogi digital yang merambah ke seluruh aspek kehidupan, harus disikapi dengan pemikiran cerdas dan kreatifvitas yang tinggi.

Industri Musik Masih Akan Tetap Menjanjikan, Ini Kata Maestro Musik Tanah Air Purwa Tjaraka
Tribun Jabar/Kemal Setia Permana
Purwa Tjaraka di acara Pemilihan Vokalis Terbaik Purwa Caraka di kawasan Jalan Purnawarman, Minggu (21/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Berkembangnya teknoogi digital yang merambah ke seluruh aspek kehidupan, harus disikapi dengan pemikiran cerdas dan kreatifvitas yang tinggi. Tidak saja berlaku di bindang teknoogi informasi, hal itu juga berlaku di bidang musik.

Maestro musik Tanah Air, Purwa Tjaraka menybutkan bahwa di era digital ini, teknologi musik pun banyak bergeser ke arah digital. Digitalisasi bidang musik, menurutnya tidak lantas akan mematikan bidang musik konvensional.

"Memang yang namanya era digital itu tidak bisa kita pungkiri, tidak bisa dihindari. Di bidang musik pun pergeseran itu terjadi, yang membedakan kan adalah medianya. Dulu harus ke studio besar, semua harus dilakukan mannual, sekarang kan cukup di kamar saja, pakai kopmuter atau bahkan hape, musik itu bisa jadi," tutur Purwa di sela Pemilihan Vokalis Terbaik Purwa Caraka di kawasan Jalan Purnawarman, Minggu (21/7/2019).

Suasana Pemilihan Vokalis Terbaik Purwa Caraka di kawasan Jalan Purnawarman, Minggu (21/7/2019).
Suasana Pemilihan Vokalis Terbaik Purwa Caraka di kawasan Jalan Purnawarman, Minggu (21/7/2019). (Tribun Jabar/Kemal Setia Permana)

Purwa Tjaraka mengatakan bahwa kondisi tersebut tidak akan mematikan industri musik. ALih-alih, peluang untuk berkarya di bidang musik semakin terbuka lebar, terutama bagi para pemula. Hal ini, menurutnya, karena banyak bidang digital yang bisa diekslorasi oleh para pemula.

VIDEO-Unik, Pengamen di Bandung Ini Mainkan Alat Musik Tradisional Suku Aborigin

"Misalnya yang paling populer melalui kanal Youtube yang sedang booming. Orang yang tidak terkenal bisa tiba-tiba melejit melalui kanal ini," katanya.

Namun demikian, Purwa Tjaraka menekankan bahwa berkarya di bidang musik, meski era saat ini begitu mudah dilakukan melalui media digital, tetap harus memiliki basis pengetahuan musik yang mendalam agar karya yang diciptakan pun tidak asal jadi.

Yang dilakukan pihaknya adalah dengan menggelar berbagai kontes di bidang pelajaran musik yang diajarkan di Sekolah Musik Purwa Caraka seperti memainkan alat musik dan berlatih vokal. Tahun ini, kata dia, salah satu media yang digunakan untuk mencari musisi atau penyanyi berbakat adalah melalui Pemilihan Vokalis Terbaik.

Ajang ini merupakan salah satu dari beberapa kegiatan yang rutin diadakan oleh lembaga pendidikan musik Purwa Caraka Music Studio (PCMS) yang berskala nasional. Kegiatan ini dibuat beberapa tahap mulai dari audisi cabang, semi-final wilayah di daerah masing-masing hingga tahap final dan grand final yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2019 yang akan datang di Jakarta.

"Melalui beberapa tahapan ini, PCMS berharap acara ini diikuti oleh banyak siswa-siswi jurusan vokal dari seluruh Indonesia," katanya.

Pengadilan Musik Ke-34 Bikin Geger, Man Jasad yang Biasa Jadi Hakim Diseret Jadi Terdakwa

Pada Minggu (21/7/2019) itu, kata dia, siswa-siswi PCMS wilayah Jawa Barat bertanding dalam tahap semi-final wilayah. Peserta berdatangan dari cabang Bandung, Cimahi, Tasikmalaya, Karawang, Sukabumi dan Cirebon. Tiga penampilan yang terpilih dari setiap kategori akan lolos mewakili PCMS wilayah Jawa Barat ke tahap selanjutnya.

"Tiga kategori itu adalah Kategori A (usia 6-12 tahun), Kategori B (usia 13-21 tahun), serta Kategori C yaitu Duo/Group mulai 2 sampai 4 penyanyi tanpa batasan usia,"ujarnya (*)

Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved