Di DPRD Kabupaten Bandung Kursi PKS, Nasdem, PAN, dan PKB Naik, PPP dan Hanura Tak Dapat Kursi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung telah menetapkan calon anggota DPRD terpilih periode 2019-2024

Di DPRD Kabupaten Bandung Kursi PKS, Nasdem, PAN, dan PKB Naik, PPP dan Hanura Tak Dapat Kursi
Net
DPRD Kabupaten Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung telah menetapkan calon anggota DPRD terpilih periode 2019-2024. Sejumlah partai mengalami peningkatan jumlah anggota dewan di parlemen.

Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya mengatakan anggota DPRD Kabupaten Bandung terpilih akan menjabat selama lima tahun, dari 2019 sampai 2024. Sesuai dengan aturan, ada 55 orang calon anggota DPRD Kabupaten Bandung yang ditetapkan menjadi anggota DPRD terpilih.

"Kalau dibandingan dengan 2014, untuk hasil pileg 2019 ini, dari sisi kursi partai politik ada yang naik ada juga yang turun," tutur Agus di Soreang, Senin (22/7/2019).

Menurutnya terdapat 4 partai politik yang mengalami kenaikan perolehan kursi, di antaranya adalah PKS, PKB, NasDem dan PAN.

"Pada 2014 PKB mendapat 5 kursi sekarang 6 kursi. PKS dari 7 kursi menjadi 10 kursi. NasDem dari 2 kursi menjadi 5 kursi dan PAN dari 2 kursi menjadi 4 kursi," ujarnya.

Sementara Gerindra dan Demokrat merupakan partai yang konsisten. Masing-masing partai ini mendapat kursi yang sama dengan pileg sebelumnya yakni, 7 kursi untuk partai berlambang kepala burung garuda dan 5 kursi untuk Demokrat.

Saking Banyaknya, Serbuan Koloni Semut Terbang di Inggris sampai Terlihat dari Luar Angkasa

Di Kabupaten Bandung partai pengusung Bupati, Golkar masih mendominasi, meski partai berlambang beringin itu harus kehilangan satu kursi di DPRD Kabupaten Bandung. Pada pileg 2014 Golkar mendapat 12 kursi, sekarang hanya 11 kursi.

"Penurunan juga dialami oleh PDIP, yang hanya mendapat 7 kursi, padahal sebelumnya mendapat 8 kursi," ujarnya.

Dan prestasi terburuk dirasakan PPP dan Hanura, dua partai pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin tersebut harus kehilangan kursi di DPRD Kabupaten Bandung.

Sebelumnya kedua partai ini mempunyai masing-masing 1 kursi, namun hasil Pileg 2019 keduanya sama-sama tidak meloloskan wakil rakyatnya di DPRD Kabupaten Bandung.

Korupsi Mamin dan ATK, Kejari Ciamis Tetapkan Mantan Sekretaris KPU Pangandaran sebagai Tersangka

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved