Menjelang Iduladha, 3.000 Hewan Kurban di Cimahi akan Diperiksa Dulu Sebelum Disembelih

Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi menargetkan 3.000 ekor hewan kurban bisa diperiksa menjelang Iduladha

Menjelang Iduladha, 3.000 Hewan Kurban di Cimahi akan Diperiksa Dulu Sebelum Disembelih
Tribun Jabar/Andri M Dani
hewan kurban 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi menargetkan 3.000 ekor hewan kurban bisa diperiksa menjelang Iduladha 1440 Hijriyah.

Pemeriksaan tersebut akan dilakukan terhadap hewan di tingkat peternak dan lapak penjual hewan kurban musiman seperti sapi, domba hingga kambing.

Kepala Seksi Peternakan Dispangtan Kota Cimahi, Retno Wulan, mengatakan, pemeriksaan hewan kurban tersebut akan dilaksanakan dalam dua tahap.

"Pemeriksaan ke penjual dan ante mortem (sebelum disembelih) akan dilaksanakan tanggal 2-10 Agustus. Sementara pemeriksaan post mortem (setelah disembelih) akan dilaksanakan 11-13 Agustus," ujarnya saat dihubungi, Minggu (21/7/2019).

Untuk melalukan pemeriksaan itu, pihaknya sudah menyiapkan sebanyak 27 petugas yang disebar di 15 kelurahan se-Kota Cimahi. Mereka akan memeriksa dari sisi kesehatan dan umur hewan kurban tersebut.

"Sebab, hewan yang disembelih pada Iduladha nanti harus sehat, tidak cacat dan cukup umur. Kita periksa kesehatannya sama umurnya. Kalau yang laik kita kasih tanda sehat dan memenuhi syarat," katanya.

Pengakuan Naomi Zaskia Soal Hubungannya dengan Sule, Sule Akui Chat-nya Berhari-hari Tak Dibalas

Berdasarkan data pemeriksaan hewan kurban tahun lalu, ada 2.021 ekor hewan kurban yang diperiksa dengan rincian 1.473 ekor domba dan 548 ekor sapi. Hasilnya, petugas menemukan 60 ekor domba dan 23 ekor sapi yang belum cukup umur.

Sedangkan dari segi kesehatan, petugas menemukan 15 ekor hewan kurban yang sakit, seperti 11 ekor domba yang terkena pink eye, 2 ekor sapi terkena pink eye serta 2 ekor domba terkena orf.

"Sehingga tahun lalu hanya 1.923 ekor yang mendapatkan tanda sehat. Untuk pemeriksaan ante mortem atau 12 jam sebelum disembelih, petugas berhasil menyasar 2. 053 ekor hewan kurban," ucapnya.

Menurut Retno, jika dilihat dari data tahun sebelumnya, kebanyakan hewan kurban itu berasal dari luar Kota Cimahi, sedangkan untuk peternak asal Cimahi didominasi peternah domba.

The Panasdalam Band dan Pemain Film Koboy Kampus Sapa Penggemarnya di Ciwalk Bandung

Selain pemeriksaan hewan kurban, lanjut Retno, Dispangtan Kota Cimahi juga akan memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap para tenaga penyembelih.

"Rencananya, Bimtek akan dilaksanakan 30 Juli mendatang. Pesertanya 50 orang, sasarannya dari DKM," katanya

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved