Jokowi dan Dkk Dinyatakan Bersalah, Kasasi Ditolak MA, Menteri Siti Nurbaya Ungkap Langkah PK

Presiden Jokowi dan sejumlah petinggi di pemerintahan Indonesia kalah dalam gugatan kasus kebakaran hutan dan lahan di Kalimatan pada 2015.

Jokowi dan Dkk Dinyatakan Bersalah, Kasasi Ditolak MA, Menteri Siti Nurbaya Ungkap Langkah PK
TRIBUNNEWS / DANY PERMANA
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10/2014). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Presiden Jokowi dan sejumlah petinggi di pemerintahan Indonesia kalah dalam gugatan kasus kebakaran hutan dan lahan di Kalimatan pada 2015.

Apa yang hendak dilakukan Jokowi dkk setelah kasasi ditolak Mahkamah Agung (MA)?

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengungkap langkah lanjutan yang akan dilakukan pemerintah atas putusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak kasasi pemerintah terkait kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan pada 2015.

Siti menuturkan, pemerintah sedang mempertimbangkan peninjauan kembali atau PK.

Namun, ia mengatakan, sebelum mengajukan PK pihaknya akan mempelajari terlebih dahulu, lantaran belum menerima salinan putusan.

Presiden Jokowi Disalahkan Atas Kebakaran Hutan di Kalimantan, Kasasi Ditolak dan Segera Lakukan Ini

"Kita belum dapat dokumennya tapi sudah ada nomornya dan lain-lain. Saya kira hari Senin kita akan cek saja minta tapi internet kita sudah bahas.  Sudah dilakukan dengan baik, kita akan melakukan peninjauan kembali kepada Mahkamah Agung," ujar Siti Nurbaya di kawasan Pancoran Timur, Jakarta Selatan, Jumat sore (19/7/2019).

Dirinya mengatakan, nantinya pemerintah akan berkordinasi dengan Jaksa Agung, Menteri Kesehatan, hingga Gubernur Kalimantan Tengah.

"Nanti kan ada hukum acaranya. Berapa hari setelah diterima. Jadi nanti dulu. Dokumennya apa saya pelajari, semua kita koordinasikan," ungkap kader Partai NasDem ini.

Menurut dia, penanganan kasus kebakaran hutan oleh pemerintah makin tahun makin baik.

820 Hari Setelah Novel Baswedan Disiram Air Keras, Jokowi Beri Kapolri Tenggat Waktu 3 Bulan

"Dua - satu minggu yang lalu juga kepada BNPB sudah melakukan apel-apel siaga. Swasta juga pasukan untuk pemadamannya makin baik. Kalau enggak kan dia kena sanksi. Jadi sudah makin baik," ujar dia.

Halaman
12
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved