Begini Kondisi Arus Lalu Lintas Akhir Pekan Pertama, Rekayasa Sukajadi-Setiabudi Dipermanenkan

Kondisi akhir pekan pertama setelah dipermanenkannya rekayasa lalu lintas Sukajadi-Setiabudi Kota Bandung, lampu lalu lintas memerlukan penyesuaian

Begini Kondisi Arus Lalu Lintas Akhir Pekan Pertama, Rekayasa Sukajadi-Setiabudi Dipermanenkan
Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Kondisi akhir pekan pertama setelah dipermanenkannya rekayasa lalu lintas Sukajadi-Setiabudi Kota Bandung, lampu lalu lintas di sekitar kawasan tersebut masih memerlukan penyesuaian lantaran masih terjadi kemacetan di beberapa titik persimpangan jalan, Sabtu (20/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kondisi akhir pekan pertama setelah dipermanenkannya rekayasa lalu lintas Sukajadi-Setiabudi Kota Bandung, lampu lalu lintas di sekitar kawasan tersebut masih memerlukan penyesuaian lantaran masih terjadi kemacetan di beberapa titik persimpangan jalan.

Dari pantauan Tribun Jabar, nampak masih terjadi kemacetan di tiga titik persimpangan, yaitu di persimpangan dari Jalan Cihampelas menuju ke Arah Jalan Dr Rajiman, persimpangan Cipaganti, dan Persimpangan Jalan Pasirkaliki-Jalan Surapati (RSHS).

Namun sebaliknya dari arah Jalan Pasirkaliki menuju Jalan Surapati terpantau lancar.

Petugas Dinas Perhubungan yang bersiaga di persimpangan Cipaganti, Baban mengatakan penyesuaian lampu lalu lintas tersebut dilakukan guna mengurai kepadatan dan dilakukan secara manual.

"Jadi petugas disiagakan di persimpangan Cipaganti ini untuk menyesuaikan dan mengatur lampu merah, soalnya kalau tidak dilakukan, nanti jadi padat," ujar Baban di persimpangan Jalan Cipaganti, Kota Bandung, Sabtu (20/7/2019).

Rekayasa Lalu Lintas di Sukajadi dan Cipaganti Bakal Dipermanenkan, Draf Tinggal Diteken Wali Kota

Penyesuaian tersebut menurutnya dilakukan sehubungan dengan antisipasi kepadatan arus kendaraan saat akhir pekan.

"Dari sekitar jam 13.00 WIB udah mulai ramai (kendaraan), memang ada perbedaan sama hari-hari biasa kalau akhir pekan," ujarnya.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Kasatlantas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan biasanya pada akhir pekan volume kendaraan yang masuk ke Kota Bandung meningkat.

Terkait sosialisasi menurutnya hanya beberapa masyarakat luar kota yang sudah mengetahui adanya rekayasa tersebut.

"Sebetulnya kami tidak bisa menjangkau (sosialisasi) secara keseluruhan, tetapi kami (mengantisipasinya) melalui medsos, terus berita ini sudah muncul juga. (Hasilnya) Saudara saya di Jakarta juga sudah tahu dengan rekayasa ini," ujar Bayu.

Rekayasa Lalu Lintas Jalan Sukajadi dan Cipaganti Dianggap Sukses, Akhir Pekan Kepadatan Berkurang

Sementara itu, mengenai rambu lalu lintas, diakui Bayu, hingga sekarang ini masih berproses menyusul rekayasa lalu lintas tersebut yang telah dipermanenkan dan hanya rambu-rambu sementara yang dipasang pada titik-titik yang diberlakukan rekayasa.

"Kalau rambu, kami hanya memasang di jalan-jalan yang mengalami perubahan arus. Contohnya Jalan Cipaganti, di situ kan berubah, termasuk di Jalan Setiabudi," ujarnya.

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved