Warga Kampung Sipatahunan Baleendah Kesulitan Air Bersih, Terpaksa Gunakan Air Situ Sipatahunan

Warga Kampung Sipatahunan, Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, mengaku bahwa sumur yang berada di kampung tersebut, sebagian

Warga Kampung Sipatahunan Baleendah Kesulitan Air Bersih, Terpaksa Gunakan Air Situ Sipatahunan
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Warga gunakan air Situ Sipatahunan untuk dapatkan air bersih 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Warga Kampung Sipatahunan, Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, mengaku bahwa sumur yang berada di kampung tersebut, sebagian besar tidak menghasilkan air bersih.

Kampung yang dikelilingi bukit tebing batu itu, setiap musim kemarau sulit mendapat air bersih dan terpaksa memanfaatkan air dari Situ Sipatahunan yang berada tidak jauh dari permukiman warga.

Deni (22), warga Kampung Sipatahunan, mengatakan bahwa air sumur yang berada di rumahnya berwarna kuning dan terkadang berbau, sehingga tidak dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga.

"Airnya juga cuma sedikit. Saya pernah pakai buat cuci, tapi bajunya jadi cepat kusam," kata Deni kepada Tribun Jabar di Situ Sipatahunan, Kamis (18/7/2019).

Pemkot Sudah Buat Sumur Artesis, Wilayah Selatan Kota Cirebon Masih Alami Krisis Air Bersih

Warga menduga, penyebab sulitnya mendapatkan air bersih karena Kampung Sipatahunan berada di tengah perbukitan tebing batu gersang.

Hal tersebut pun dirasakan oleh warga lainnya.

Di Situ Sipatahunan, ada pemandangan warga yang rutin bolak balik dari pemukiman menuju Situ Sipatahunan dari pagi hingga sore hari dan dilakukan pada musim kemarau.

Warga gunakan air Situ Sipatahunan untuk dapatkan air bersih
Warga gunakan air Situ Sipatahunan untuk dapatkan air bersih (Tribun Jabar/Hakim Baihaqi)

Kegiatan yang dilakukan oleh warga setiap musim kemarau ini, karena seluruh sumur warga dalam kondisi surut, sehingga tidak bisa digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Sebaliknya, di waktu musim hujan, aktivitas pengambilan air di situ hanya dilakukan beberapa warga saja, karena masing-masing sumur milik warga kembali terisi air.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved