Teras Cihampelas Kian Sepi, Jumlah Kios yang Berjualan Tersisa Setengah, Berharap Solusi Pemerintah

Teras Cihampelas kian sepi. Jumlah kios yang berjualan tersisa setengahnya. Pedagang berharap solusi dari pemerintah.

Teras Cihampelas Kian Sepi, Jumlah Kios yang Berjualan Tersisa Setengah, Berharap Solusi Pemerintah
Tribun Jabar/ Ery Chandra
Suasana beberapa pengunjung tengah berfoto di Teras Cihampelas, Kota Bandung, Senin (29/10/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kondisi sejumlah kios di Skywalk Teras Cihampelas yang dikabarkan telah ditinggalkan oleh para pedagang lantaran sepinya pengunjung, dibantah oleh Humas Badan Pengelola Teras Cihampelas (BPTC), Devian Yusam.

Menurutnya, terkunci rapatnya sejumlah kios dagang di kawasan tersebut, lantaran aktivitas jual beli baru terjadi mulai siang hingga malam hari.

"Jadi sebenarnya yang ramai diberitakan bahwa kios-kios pada ditinggalkan para pedagang itu tidak tepat sepenuhnya, karena aktivitas ramainya jualan itu dari siang ke sore hingga malam. Sedangkan foto yang diunggah oleh salah satu media massa online itu, foto saat pagi hari, kalau pagi memang baru kios kuliner yang sudah buka, kalau suvenir mulainya siang," ujarnya saat ditemui di Teras Cihampelas, Bandung, Kamis (18/7/2019).

Devian menambahkan, dari 192 kios dagang terdiri dari 140 unit kios suvenir dan 52 kios kuliner yang berada di Skywalk Teras Cihampelas.

Saat ini hanya menyisakan setengah dari jumlah tersebut, yaitu 80 unit, dengan rincian 60 kios suvenir dan 20 kios kuliner.

Berkurangnya jumlah tersebut, kata dia disebabkan oleh sebagian pedagang yang memilih pindah ke lokasi lain, karena omzet berjualan di Skywalk Teras Cihampelas jauh lebih sedikit bila dibandingkan saat masih berjualan di area bawah Jalan Cihampelas.

"Yang dikeluhkan pedagang selama ini memang sepinya pembeli yang datang, makanya sebagian dari mereka memilih untuk pindah, meski ada juga yang beralih profesi," ucapnya.

Disinggung mengenai adanya kasus pencurian yang terjadi terhadap barang para pedagang, ia pun membenarkan. Meski demikian jumlah yang dikabarkan, menurutnya tidak sesuai dengan fakta yang ada dilapangan.

Teras Cihampelas, Bandung, ramai dikunjungi wisatawan, Sabtu (17/3/2018).
Teras Cihampelas, Bandung, ramai dikunjungi wisatawan, Sabtu (17/3/2018). (Tribunjabar/Yongky Yulius)

"Itu yang dibilang, kan, sampai enam kilo baju gitu kan, sebenarnya engga sebanyak itu. Tapi kami pun menyadari keterbatasan terkait pengawasan keamanan yang telah dilakukan selama ini, hal itu karena dari jumlah tujuh petugas keamanan yang berjaga secara bergantian, mereka harus mengawasi bagian atas dan bawah dari skywalk Cihampelas. Hal itu menjadi cukup sulit, sehingga tidak semua kegiatan bisa terpantau," ujar Devian.

Selain itu, katanya, keterbatasan dari pemanfaatan sarana kamera pengawas atau CCTV di kawasan tersebut juga menjadi salah satu faktor berkurangnya tingkat pengawasan.

Dari sembilan kamera, kini yang dapat beroperasi dengan baik hanya tiga kamera untuk mengawasi area seluas 450 meter dengan lebar 9 meter tersebut.

"Kami sudah berupaya melakukan perbaikan dengan memanggil teknisi CCTV, tapi yang berhasil diperbaiki cuma tiga, kalau enam lagi rusak, mungkin karena terkena hujan jadi konslet kabelnya atau bagaimana. Makannya kami mengakui kalau pengawasan menjadi berkurang," ujar dia.

Selain CCTV, kerusakan fasilitas pun terjadi pada sarana pendukung lainnnya yang ada di Teras Cihampelas, seperti lampu hias di pohon, lantai keramik, jet pump instalasi air menuju toilet, di mana dari empat toilet hanya tiga yang dapat terpakai dengan baik.

Kemudian lift yang tidak dapat dipergunakan sejak pertama kali diresmikan, hingga matinya lampu penerangan jalan umum. Kondisi ini dianggap menjadi pemicu dari berkurangnya daya tarik dari pengunjung di kawasan tersebut.

"Untuk memperbaiki semua itu, kan, butuh dana atau anggaran yang tidak sedikit, makannya kami telah berupaya untuk
berkomunikasi dengan Dinas KUMKM (Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah) Kota Bandung. Kami juga berharap agar Pemerintah (Kota Bandung) dapat memiliki solusi agar Skywalk Teras Cihampelas ini dapat kembali ramai dikunjungi oleh masyarakat dari dalam dan luar Kota Bandung juga meningkatkan omset dari para pedagang di sini," katanya.

Teras Cihampelas, Berbagai Spot Foto masih Menarik Perhatian Pengunjung

Penulis: Cipta Permana
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved