Dilanda Musim Kemarau, Situ Sipatahunan Mulai Surut, Dasar Situ Terlihat di Beberapa Bagian

Dilanda musim kemarau, Situ Sipatahunan di Baleendah mulai surut. Dasar situ terlihat di beberapa bagian.

Dilanda Musim Kemarau, Situ Sipatahunan Mulai Surut, Dasar Situ Terlihat di Beberapa Bagian
Tribun Jabar/Hak
Air di Situ Sipatahunan, Kabupaten Bandung mulai surut. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Musim kemarau membuat sejumlah sumber air di Kabupaten Bandung mulai surut. Satu di antaranya Situ Sipatahunan yang berada di Kampung Sipatahunan, Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah.

Pantauan Tribun Jabar di Situ Sipatahunan, Kamis (18/7/2019), dasar danau yang berada di sisi pun mulai terlihat, hingga menimbulkan banyak retakan di sepanjang pinggir danau tersebut.

Kedalaman di sekitar tepian Situ Sipatahunan pun hanya sepinggang orang dewasa, bahkan terlihat beberapa warga pun berani beraktivitas di sisi, mulai dari berenang hingga memandikan hewan ternak.

Saluran drainase yang terhubung dengan Situ Sipatahunan tersebut, tampak tidak dialiri air dan tumpukan sampah rumah tangga pun menutupi hampir sebagian saluran lebar drainase.

Deni (22), warga Kampung Sipatahunan, mengatakan, penyusutan volume air tersebut terjadi sejak sebulan terakhir, sehingga dengan leluasa warga beraktivitas di tepi danau.

"Waktu belum surut, air dekat kursi-kursi pinggir situ. Sekarang semakin jauh," kata Deni di Situ Sipatahunan, Kamis (18/7/2019).

Pada saat musim hujan atau volume air situ tidak mengalami penyusutan, kedalaman di dekat tepi danau, tinggi permukaan air (TMA) hingga dua meter, tapi saat ini hanya satu meter.

Deni mengatakan, penyusutan volume air di Situ Sipatahunan selalu terjadi setiap tahunnya, bahkan terparah warga bisa berjalan kaki ke tengah Situ Sipatahunan.

"Biasanya Agustus sampai Oktober, air cuma sisa di tengah saja," katanya.

VIDEO-Waduk Jatigede Menyusut Airnya di Musim Kemarau, Jadi Ajang Warga Nostalgia dan Cari Tutut

Lahan Sawah di Kecamatan Sukasari Sumedang Kekeringan, Terasa Parah Sejak Mei 2019

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved