VIDEO Akan Ada Aturan Lubang Resapan Biopori di Kota Bandung

Aturan sumur resapan atau lubang resapan biopori akan 'naik kelas'. Wacana tersebut disampaikan oleh Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial

Aturan sumur resapan atau lubang resapan biopori akan 'naik kelas'. Wacana tersebut disampaikan oleh Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial seusai meresmikan kegiatan pencanangan "Gerakan Bandung Memanen Hujan".

Dari pengamatan Tribun Jabar, Mang Oded sapaan karib Wali Kota Bandung itu turut menaruh batu-batu kerikil dari karung ke sekeliling drum bekas yang telah dimodifikasi.

Lantas air dari selang berwarna biru dikucurkan ke dalam sebuah lubang didepan panggung Komplek perumahan Cijambe Indah tersebut.

Menurutnya, Pemerintah Kota Bandung tengah merencanakan aturan ini. Sehingga nanti akan diikuti oleh seluruh warga.

"Dimulai dari ASN (Aparatur Sipil Negara) kota bandung sudah saya instruksikan setiap rumah membuat biopori seperti ini," ujar Oded, di Jalan Vijayakusuma IX, RW. 07, Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Rabu (17/7/2019).

Lubang Resapan Biopori di Kota Bandung
Lubang Resapan Biopori di Kota Bandung (Tribun Jabar)

Dia mengatakan pada saat rapat pimpinan (Rapim) telah menyampaikan kepada seluruh jajaran ASN di Kota Bandung mesti membuat sumur resapan dimasing-masing wilayah.

"Nanti RW melaporkan. Camat masing-masing mengawal. Kalau pengurus setempat bandel uang tunjangan kinerja daerah (TKD) dipotong," katanya.

Menurutnya, melalui gerakan Bandung menabung air yang baru diresmikan harapan kedepan dapat memiliki kecukupan air untuk kebutuhan masyarakat. Terlebih dengan adanya konsep biopori dari penggagas bisa mengurangi air turun ke hilir.

"Saya berharap air hujan betul-betul menjadi rahmat bagi warga kota bandung. Kalau tidak ditata bisa menjadi musibah," ujarnya.

Video dan artikel lainnya klik link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=WgsOkS_KzIA&feature=youtu.be
Penulis: Ery Chandra
Video Production: Wahyudi Utomo

Penulis: Ery Chandra
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved