Sulit Bertemu Ridwan Kamil, Relawan Gurka Bubarkan Diri

Gurka salah satu relawan pendukung Ridwan Kamil pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018, menyatakan menarik dukungan

Sulit Bertemu Ridwan Kamil, Relawan Gurka Bubarkan Diri
Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
Mantan Ketua Dewan Penasihat Gurka, Iwan Suhermawan, bersama jajaran pengurus relawan se-Jawa Barat-nya, di Bandung, Rabu (17/7/2019). Dalam kesempatan itu, para aktivis ini resmi membubarkan diri dan mencabut dukungan terhadap Ridwan Kamil. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gerakan untuk Ridwan Kamil (Gurka), salah satu relawan pendukung Ridwan Kamil pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018, menyatakan menarik dukungan dari pemenang kontestasi politik tersebut. Pencabutan ini dilakukan karena sosok Ridwan Kamil yang dinilai sulit untuk diajak komunikasi.

Sikap ini disampaikan mantan Ketua Dewan Penasihat Gurka, Iwan Suhermawan, bersama jajaran pengurus relawan se-Jawa Barat-nya, di Bandung, Rabu (17/7/2019). Dalam kesempatan itu, para aktivis ini resmi membubarkan Gurka.

Iwan mengatakan pihaknya merasa sulit berkomunikasi dengan gubernur yang akrab disapa Emil ini, terutama setelah resmi menjabat gubernur. Kondisi ini cukup menyulitkan bagi relawan karena mereka terus ditagih warga terkait program-program pembangunan yang dijanjikan saat kampanye.

Iwan mengatakan selama ini pihaknya berupaya menyampaikan aspirasi masyarakat itu langsung kepada Emil. Namun, Emil dinilai sulit menemui para pendukungnya tersebut.

"Seperti ada benteng yang menghalangi. Ini berat buat kami para relawan. Karena masyarakat terus menagih aspirasi mereka," kata Iwan.

Ridwan Kamil Kembali Kunjungi Waduk Jatiluhur, Kali Ini Main Perahu Kayak

Iwan mengatakan selama ini pihaknya pun tidak menuntut apapun sehingga niatannya bertemu murni hanya untuk menyampaikan aspirasi warga. Oleh karena itu, dia menyebut pembubaran dan penarikan dukungan Gurka ini dilakukan karena pihaknya tidak mampu menyampaikan aspirasi warga kepada Emil.

Penarikan dukungan ini, kata Iwan, dilakukan agar pihaknya bisa lebih leluasa mengkritisi kepemimpinan Emil bersama Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Iwan bersama elemen Gurka pun mengkritisi kinerja Emil yang dianggap terlalu banyak pencitraan di media sosial atau media massa.

Program-program yang diluncurkannya, kata Iwan, hanya ramai di pemberitaan sementara manfaatnya tidak dirasakan oleh banyak masyarakat. Sebagai contoh, dia menyebut banyak keluhan warga di program Jabar Quick Response yang belum teratasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Ridwan Kamil Unggah Foto Jokowi-Prabowo Salaman, Pasang Tagar #03PersatuanIndonesia

Mantan Ketua Gurka Kabupaten Bandung, Dudi Sopandi, mengatakan selama ini dirinya terus ditagih mantan pemilih Emil di wilayah tersebut. Sebab, saat kampanye lalu, pasangan Uu ini menjanjikan lebih dari 700 program untuk masyarakat.

"Perbaikan jalan yang jelek, menyambung jembatan antar kampung, lalu kesehatan, pendidikan. Namun, selama ini kesulitan mendapatkan kepastian program tersebut dari Emil," katanya. (Sam)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved