Sempat Sekolah di Rumah Warga, Pelajar SMP di Cianjur Sempat Putus Asa dan Ingin Keluar Sekolah

Di tengah keadaan menumpang di SDN Cimanggu 2, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, ratusan pelajar SMP PGRI 2 Cibeber

Sempat Sekolah di Rumah Warga, Pelajar SMP di Cianjur Sempat Putus Asa dan Ingin Keluar Sekolah
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Siswa SMP PGRI di Cimanggu, Cianjur terpaksa belajar di lantai tanpa meja dan kursi. Mereka juga menumpang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Di tengah keadaan menumpang di SDN Cimanggu 2, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, ratusan pelajar SMP PGRI 2 Cibeber sempat galau dengan keluarnya surat edaran dari Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur yang menyatakan bahwa sekolah swasta tak boleh menggunakan fasilitas sekolah negeri.

Kepala Sekolah SMP PGRI 2 Ece Zaenal Abidin mengatakan dengan keluarnya surat edaran tersebut seolah-olah para siswa diusir untuk menempati bangunan SD walaupun masuknya siang setelah SD bubar.

"Seolah-olah kami terusir dengan adanya surat edaran tersebut, sepengetahuan saya tak ada UU yang melarang sekolah swasta untuk menempati SD sementara. Malahan saya lihat di Permendikbud 2014 apabila sekolah belum memiliki bangunan bisa menempati gedung pemerintah, dengan catatan paling lama 10 tahun," ujarnya saat ditemui di SDN Cimanggu 2, Rabu (17/7/2019).

Ia mengatakan, karena keluarnya surat edaran tersebut pada Mei lalu, alhasil siswa belajar di rumah warga, terkadang di madrasah, dan bangunan aula desa.

"Kondisi ini sangat membingungkan kami di tengah kami sedang berjuang untuk mengajukan pembangunan sekolah baru," kata Ece.

BPJS Kesehatan Cabang Soreang Jemput Bola ke Desa-Desa, Ada 60 Ribu Data Peserta Harus Diperbaiki

Namun setelah berembuk dengan komite sekolah, kegiatan belajar mengajar disepakati kembali ke SDN Cimanggu 2, di Desa Cimanggu, Kecamatan Cibeber.

"Menumpang di bangunan sekolah juga kami bayar setiap tahunnya sesuai dengan yang disepakati kepala SDN Cimanggu yang terdahulu," kata Ece.

Ece bersyukur ada wakil rakyat terpilih yang menjamin agar kegiatan belajar ratusan siswa diteruskan mengingat semangat para siswa agar jangan sampai putus sekolah.

"Sempat ada siswa yang putus asa dan ingin berhenti sekolah karena suasana ini, tapi alhamdulilah ada penjamin kami," kata Ece.

Ridwan Kamil Minta Stadion GBLA Dikelola Persib, Jika Pemkot Tak Bisa Urus Pemprov Siap Ambil Alih

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved