Ingin Genjot Produktivitas Pertanian, Pemprov Jabar Wacanakan Buka 27 SMK Pertanian Baru

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan penambahan jumlah SMK pertanian di semua kabupaten dan kota di Jawa Barat serta modernisasi pertanian untuk

Ingin Genjot Produktivitas Pertanian, Pemprov Jabar Wacanakan Buka 27 SMK Pertanian Baru
Tribun Jabar/Handhika Rahman
Kondisi lahan persawahan di Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jumat (12/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan penambahan jumlah SMK pertanian di semua kabupaten dan kota di Jawa Barat serta modernisasi pertanian untuk mencetak para petani milenial.

Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, mengatakan bahwa salah satu alasan generasi muda enggan bertani adalah masih menganggap pertanian sebagai pekerjaan rendahan dan berkutat dengan lumpur.

Padahal, tidak jarang petani Jabar yang sukses bahkan memproduksi banyak hasil pertanian untuk ekspor.

"Karenanya, alat pertanian modern yang praktis dan efisien sangat dibutuhkan. Kami akan berikan alat pertanian yang modern karena salah satu alasan anak muda tidak mau bertani karena takut kotor dan lainnya. Dengan alat tani modern akan jadi daya tarik milenial masuk dunia pertanian," kata Uu Ruzhanul Ulum di Bandung, Rabu (17/7/2019).

Wagub Jabar Klaim Kebutuhan Beras di Jabar Aman Saat Masuki Musim Kemarau

Upaya lainnya, kata Uu Ruzhanul Ulum, adalah membangun lebih banyak SMK pertanian.

Rencananya, Pemprov Jabar akan membangun masing-masing satu SMK di tiap 27 kabupaten kota di Jabar.

Menurut Uu Ruzhanul Ulum, petani milenial juga perlu memahani ilmu dan penerapan teknologi pertanian sebagai bekal mereka.

Jawa Barat sebagai lumbung padi nasional dan sudah mandiri pangan dapat menjadi daya tarik kaum milenial untuk terjun ke dunia pertanian.

Menurutnya, saat ini para petani umumnya berusia lanjut, untuk itu perlu ada regenerasi petani.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri kegiatan Hari Krida Pertanian (HKP) Ke-47 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 di Lapangan Dadaha Tasikmalaya, Selasa (16/7/2019) siang.
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri kegiatan Hari Krida Pertanian (HKP) Ke-47 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 di Lapangan Dadaha Tasikmalaya, Selasa (16/7/2019) siang. (Tribun Jabar/Isep Heri)
Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved