Di Hulu Sungai Citarum Rabu Pagi Suhunya 2,9 Derajat Celcius, Embun di Daun Teh Pun Membeku

Dilanda cuaca ekstrem, wilayah perkebunan teh di Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung mengalami titik suhu terendah

Di Hulu Sungai Citarum Rabu Pagi Suhunya 2,9 Derajat Celcius, Embun di Daun Teh Pun Membeku
istimewa
Embun yang membeku menjadi es di kawasan perkebunan teh di Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Dilanda cuaca ekstrem, wilayah perkebunan teh di Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung mengalami titik suhu terendah hingga mencapai 2,9 derajat celcius. Akibatnya sejumlah daerah perkebunan di Kertasari mengalami embun yang membeku menjadi es.

Hal tersebut diungkapkan seorang warga Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Yanto (35). Menurutnya pada Rabu (17/7/2019) pagi, terjadi suhu ekstrem hingga terjadi embun yang membeku menjadi es pada rumput-rumput dan daun-daun tanaman perkebunan.

"Iya pagi-pagi (subuh) tadi, sudah banyak teman saya yang mengupload (status WA) dan membagi foto dan video di grup (WAG). Jadi saat mereka ke kebun di daerah perkebunan teh, seperti ada ibun es (embun membeku)," ujarnya melalui telepon seluler, Rabu (17/7/2019).

Menurutnya embun membeku tersebut terjadi di beberapa wilayah di Kecamatan Kertasari, di antaranya di Desa Tarumajaya dan Desa Neglawangi.

Desa Tarumajaya adalah lokasi hulu Sungai Citarum atau Situ Cisanti.

Kolase foto embun yang membeku di Kertasari.
Kolase foto embun yang membeku di Kertasari. (istimewa)

Berdasarkan alat ukur suhu (termometer) yang dipasang di sebuah green house perkebunan, suhu di Kertasari mencapai 2,9 derajat celcius. Sementara menjelang siang suhu kembali normal di angka 17-22 derajat celcius.

Prosesi Muru Indung Cai, Ambil Air dari 9 Mata Air di Wanayasa, Peringati Hari Jadi Purwakarta

"Dina termometer suhu yang dipasang ku barudak dina green house mencapai 11 derajat celcius di Desa Cibeureum mah. Kalau di Desa Tarumajaya sama Neglawangi mah mencapai 2,9 derajat celcius," tuturnya.

Menurutnya suhu normal di daerah perkebunan Kecamatan Kertasari berada di kisaran 17-22 derajat celcius. Sehingga hawa dingin sangat terasa di Kertasari setiap harinya.

Termometer menunjukkan suhu di Kertasari 2,9 derajat celcius.
Termometer menunjukkan suhu di Kertasari 2,9 derajat celcius. (istimewa)

"Setiap hari juga dingin di sini mah, tapi semalam mah memang tiis (dingin) pisan mencapai 11 derajat celcius. Tapi kalau di Cibeureum mah tidak ada es karena wilayahnya lebih bawah di banding Neglawangi dan Tarumajaya," katanya.

Berdasarkan informasi kondisi yang sama juga terjadi di wilayah Kabupaten Bandung lainnya, seperti di wilayah perbatasan antara Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung dan Kamojang Kabupaten Garut. Embun-embun yang membeku terlihat di wilayah perkebunan di daerah perbatasan tersebut.

Damkar Cimahi Cuma Punya Tiga Titik Sumber Air, Jika Terjadi Kebakaran Takkan Cukup

Embun yang membeku di Kertasari Kabupaten Bandung, Rabu (17/7/2019) pagi.
Embun yang membeku di Kertasari Kabupaten Bandung, Rabu (17/7/2019) pagi. (istimewa)
Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved