Damkar Cimahi Pastikan Sumber Air Masih Aman Saat Musim Kemarau

Damkar Kota Cimahi memastikan tidak akan kekurangan sumber air untuk memadamkan api ketika terjadi kebakaran saat musim kemarau tahun ini.

Damkar Cimahi Pastikan Sumber Air Masih Aman Saat Musim Kemarau
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Petugas Damkar Cimahi siaga di Markas Komando Damkar Kota Cimahi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Pemadam Kebakaran ( Damkar) Kota Cimahi memastikan tidak akan kekurangan sumber air untuk memadamkan api ketika terjadi kebakaran saat musim kemarau tahun ini.

Ada tiga titik sumber air untuk Damkar Kota Cimahi di antaranya, hydrant PDAM Tirta Raharja, hydrant di depan gapura Taman Mutiara dan sumber air dari pihak swasta yakni PT Enggal yang berada di Jalan Industri.

Komandan Regu Damkar Kota Cimahi, Indrahadi, mengatakan, debit dan tekanan air di tiga titik sumber air tersebut hingga saat ini tidak terpengaruh atau tidak terdampak musim kemarau karena kondisi debit airnya masih tetap normal.

"Alhamdulillah sejauh ini debitnya masih aman tidak terkendala musim kemarau. Hanya saja debit air kecil untuk di titik sumber air dari PDAM," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (17/7/2019).

Damkar Cimahi Cuma Punya Tiga Titik Sumber Air, Jika Terjadi Kebakaran Takkan Cukup

Selain itu, kata dia, pihaknya juga masih bisa memanfaatkan sumber air dari aliran sungai yang ada di Kota Cimahi, seperti di daerah Cimahi Selatan meskipun kondisi airnya kotor akibat tercemar limbah pabrik.

"Kalau lagi urgent kita melakukan penyedotan air dimana saja, termasuk memanfaatkan air dari sungai. Kalau dari pabrik hanya dari PT Enggal saja, pabrik yang lainnya belum bisa," katanya.

Damkar Cimahi: Jangan Nyalakan Api di Sekitar Lahan Ilalang Selama Musim Kemarau

Namun ketika terjadi kebakaran besar atau kondisinya darurat, kata Indra, pihak pabrik yang lainnya bisa saja memberikan sumber air dan mereka biasanya tetap mengizinkan Damkar untuk menyedot air.

"Kalau ada kebabakaran besar atau kejadiannya luar biasa, kita gedor saja dan mereka biasanya ngasih, intinya untuk pabrik yang lain kondisional saja," ucapnya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved