Usianya Hampir Seabad, Kakek Asal Purwakarta Ini Tetap Semangat untuk Naik Haji

Meski usianya hampir satu abad, calon jemaah haji dari Kampung Citeureup, Desa Cibogogirang Plered, Kabupaten Purwakarta

Usianya Hampir Seabad, Kakek Asal Purwakarta Ini Tetap Semangat untuk Naik Haji
tribunjabar/haryanto
Soleh (97) calon jemaah haji asal Purwakarta 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Usia yang sudah lanjut tidak menghalangi tekad Soleh (97) menunaikan ibadah haji.

Meski usianya hampir satu abad, calon jemaah haji dari Kampung Citeureup, Desa Cibogogirang Plered, Kabupaten Purwakarta ini tetap semangat mempersiapkan segala kebutuhannya untuk berhaji.

Kakek yang memiliki 13 anak ini mengatakan, ia seharusnya pergi ke tanah suci Mekkah bersama istri tercintanya Rohmat (94).

Namun sayang, Rohmat meninggal dunia pada 2018 setelah mendaftarkan diri untuk pergi haji bersama Soleh pada tahun 2015.

"Harusnya pergi tahun ini bertiga sama anak dan istri, tapi istri udah meningal dunia duluan saat Bulan Ramadan lalu. Jadi sekarang pergi hajinya berdua saja sama anak," kata Soleh saat ditemui di rumahnya pada Selasa (16/7/2019).

Meski dengan terbata-bata dan ucapannya yang kurang jelas terdengar, dia menjelaskan bersama anaknya bisa lebih cepat menunaikan ibadah haji karena masuk daftar jemaah lansia.

Antisipasi Kekeringan Saat Kemarau, KPBD Kota Cirebon Mulai Mitigasi Bencana

Diketahui, Kementerian Agama memiliki aturan untuk memprioritaskan calon jamaah haji untuk berangkat lebih dulu ke tanah suci, khususnya yang berusia di atas 75 tahun ke atas.

Sedangkan anak Soleh, Nurjanah bisa lebih cepat dari jadwal semula karena harus menjadi pendamping ayahnya yang telah lansia.

Padahal keduanya dijadwalkan baru bisa pergi haji pada tahun 2024 atau 2025.

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved