Tahun Ini, Pemkot Cimahi menargetkan 1.500 Kendaraan Bisa Uji Emisi

Pemerintah Kota Cimahi menargetkan 1.500 kendaraan roda empat bisa dilakukan uji emisi tahun ini.

Tahun Ini, Pemkot Cimahi menargetkan 1.500 Kendaraan Bisa Uji Emisi
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Pelaksanaan uji emisi di Jalan Gedong Empat, Kota Cimahi, Selasa (16/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi tahun ini menargetkan sebanyak 1.500 unit kendaraan roda empat bisa dilakukan uji emisi untuk mengetahui kadar emisi gas buang pada setiap kendaraan.

Hal tersebut karena kendaraan yang melintas di Kota Cimahi, khususnya truk dan bus, memang menyumbang polusi udara dari emisi gas buangnya, sehingga perlu dilakukan uji emisi.

Kepala Bidang Penataan Hukum Lingkungan Hidup DLH Kota Cimahi, Yani Rijaningsih, mengatakan, target uji emisi untuk 1.500 unit kendaraan roda empat tersebut akan dilakukan selama tiga hari di tiga wilayah Kota Cimahi.

"Uji emisi ini dilakukan dalam rangka evaluasi kualitas udara di Kota Cimahi dan dilakukan setiap satu tahun satu kali," ujarnya saat ditemui di sela uji emisi di Jalan Gedong Empat, Kota Cimahi, Selasa (16/7/2019).

Uji emisi ini juga, kata dia, dilakukan untuk mengetahui seberapa besar sumber pencemaran di Kota Cimahi, khususnya yang ditimbulkan dari gas buang kendaraan.

"Kami telah melakukan uji emisi secara mandiri sejak tahun 2018. Berdasarkan penilaian kementerian, kualitas udara di Kota Cimahi memang sudah baik, tapi kami tetap harus menjaganya dengan melakukan uji emisi," katanya.

Menurutnya, penyebab adanya pencemaran udara dari gas buang kendaraan ini karena tidak melakukan servis secara berkala, sehingga pembuangan asap yang biasanya berwarna hitam itu bisa mencemari udara.

"Jadi bagi kendaraan yang tidak lulus uji emisi kami sarankan untuk melakukan servis secara berkala agar pembuangan asapnya tidak mencemari udara di Kota Cimahi," ujar Yani.

Ada Uji Emisi Kendaraan oleh Pemkot Cimahi, Ini Tujuannya

410 Calon Haji Asal Kota Cimahi Diberangkatkan, Ada yang Pakai Kursi Roda

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved