Rekayasa Lalu Lintas Jalan Sukajadi dan Cipaganti Dianggap Sukses, Akhir Pekan Kepadatan Berkurang

Rekayasa lalu lintas di Jalan Sukajadi dan Cipaganti dianggap sukses. Di akhir pekan, kepadatan berkurang.

Rekayasa Lalu Lintas Jalan Sukajadi dan Cipaganti Dianggap Sukses, Akhir Pekan Kepadatan Berkurang
Tribun Jabar/Cipta Permana
Suasana kepadatan volume kendaraan di simpang Jalan Cipaganti, dampak dari pemberlakuan uji coba rekayasa pengalihan arus lalu lintas satu jalur di Kawasan Jalan Sukajadi, Cipaganti, dan dr. Setiabudi pada hari pertama. Kamis (11/7/2019) 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Agung Reza mengklaim uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan Sukajadi berhasil mengurai kemacetan.

"Enam hari uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan Sukajadi sejak 11 Juli 2019 sudah dirasakan bisa mengurai kemacetan," ujar AKBP Agung Reza saat Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Selasa (16/07/2019).

Menurut Agung, walau pihaknya menilai berhasil, tapi tetap harus ada evaluasi dari berbagai pihak. Evaluasi rencananya digelar tanggal 18 Juli 2019.

Reza mengatakan setiap hari di kawasan Sukajadi, Setiabudi, Cihampelas, dan Cipaganti ada perubahan.

Hari pertama memang ada kepadatan tapi setelah itu kemacetan berkurang.

"Saya bicara ada kelancaran lalu lintas dilihat dari kecepatan kendaraan waktu belum rekayasa hanya 11 km per jam tapi kini jadi 30 km per jam," ujar AKBP Agung Reza.

Agung mengatakan di akhir pekan kemarin sudah dirasakan kepadatan kendaraan berkurang, padahal biasanya Sukajadi dan Setiabudi macet karena semua menuju arah Lembang.

Menurut Agung, walau sudah berhasil tapi masih ada beberapa titik yang harus dievaluasi khususnya jalan alternatif.

Agung mengatakan, tipis kemungkinan untuk kembali ke semula karena harus kembali mengubah rambu dan lainnya.

Agung juga memminta masukan masyarakat terkait adanya rekayasa jalan. Jika ada kemacetan laporkan titik kemacetan yang detail.

Kepala Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir, Dishub, Kota Bandung, Asep Kurnia, mengatakan rekayasa kawasan Jalan Sukajadi, Cipaganti, Setiabudi, berdampak kepada 11 trayek angkutan umum.

"Sopir angkutan kota sempat protes karena jarak tempuh jadi panjang, tapi protes sudah diatasi ," ujar Asep.

Angkot yang terimbas rekayasa jalan adalan angkot jurusan Abdul Muis – Ledeng, Cicaheum – Ledeng, Cicaheum – Ciroyom, Margahayu Raya – Ledeng, dan Sederhana – Cipagalo, atau yang lebih dikenal dengan jurusan Kebon Kalapa – Sukajadi.

Angkot lainnya jurusan Cibaduyut – Karang Setra, Stasiun Hall – Ciumbuleuit via Jalan Eyckman, Stasiun Hall – Ciumbuleuit via Cihampelas, dan Ciroyom – Sarijadi.

Angkutan AKDP yang terdampak adalah angkot Stasiun Hall – Lembang. Sedangkan angkutan bus yang berubah adalah Damri Leuwi Panjang – Ledeng.

VIDEO Hari Kedua Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas di Cipaganti dan Sukajadi Bandung, Relatif Lancar

Penulis: Tiah SM
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved