Pengusaha Jabar Siap Dukung Pemerintah Jika Mau Mendirikan Rumah Berkebutuhan Khusus Ini

Setiap warga negara berhak memperoleh fasilitas dan perlakuan yang sama tanpa dibeda-bedakan.

Pengusaha Jabar Siap Dukung Pemerintah Jika Mau Mendirikan Rumah Berkebutuhan Khusus Ini
Tribun Jabar/Kemal Setia Permana
Anggota Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jabar, Dedy Widjaja di Kota Bandung, Selasa (16/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Setiap warga negara berhak memperoleh fasilitas dan perlakuan yang sama tanpa dibeda-bedakan. Ini pun berlaku bagi mereka yang mengalami kondisi berkebutuhan khusus yang terkadang membutuhkan perlakuan khusus pula seperti pengidap down syndrome.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan agar kaum berkebutuhan khusus down syndrome ini mendapatkan perlakuan setara dengan orang normal adalah dengan menyediakan fasilitas yang bisa memberikan berbagai kebutuhan mereka sebagaimana yang bisa diperoleh orang normal.

Menurut Anggota Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia ( Apindo) Jawa Barat, Dedy Widjaja, salah satu fasilitas yang bisa memberikan hak-hak penuh kepada pengidap down syndrome sebagaimana bisa didapatkan orang normal, adalah dengan hadirnya rumah down sydnrome.

"Rumah down syndrome ini menjadi tempat yang paling memungkinkan pengidap down syndrome memperoleh hak dan fasilitas yang sama dengan orang normal," kata Dedy saat ditemui wartawan di salah satu hotel kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bandung, Selasa (16/7/2019).

Ratusan Prajurit Kodam III/Siliwangi Ikuti Sertifikasi Kompetensi Konstruksi

Dedy mengatakan bahwa Indonesia, di Jabar khususnya, keberadaan rumah down syndrome ini sudah sangat mendesak didirikan. Pasalnya, masih banyak orang tua yang merasa kurang percaya diri jika memiliki anak berkebutuhan khusus seperti ini. Bahkan, kata Dedy, tak jarang, orang tua membatasi pergaulan anaknya yang menderita down syndrome dengan lingkungan di sekitarnya.

"Ini kan kasihan, padahal anak-anak itu juga membutuhkan perlakuan dan hak yang sama dengan mereka yang normal," katanya.

HKP ke-47 Jabar Digelar di Dadaha Tasikmalaya Selama Tiga Hari, Dibuka Wagub Jabar

Untuk itu, Dedy yang kini juga dipercaya menjabat Ketua Bidang Organisasi Apindo Pusat, menekankan bahwa pemerintah perlu memikirkan keberadaan rumah down syndrome untuk memberikan ruang khusus kepada para pengidap sindrom khusus. Para pengusaha sendiri, menurut Dedy, dengan tangan terbuka siap membantu dan mendorong pemerintah jika memang dibutuhkan.

"Saya kira para pengusaha akan dengan sangat siap membantu mewujudkannya," kata Dedy. (*)

Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved