Jalan Tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap Dikaji Ulang, Kemen PUPR Ingin Lewati Garut Kota

Rencana pembangunan jalan tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap dikaji ulang dengan mempertimbangkan perubahan arah tol

Jalan Tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap Dikaji Ulang, Kemen PUPR Ingin Lewati Garut Kota
TRIBUN JABAR/ERY CHANDRA
Arus kendaraan di Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Rencana pembangunan jalan tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap dikaji ulang dengan mempertimbangkan perubahan arah tol ke kawasan pusat perkotaan Garut terlebih dulu.

Pengkajian ulang ini dilakukan agar proyek tersebut bisa kembali ditenderkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Direktur PT Jasa Sarana, Dyah Wahjusari, mengatakan proyek yang diprakarsai PT Jasa Marga, PT PP, PT DMT, dan PT Jasa Sarana, tersebut harus dikaji ulang atas dasar permintaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kami sedang mengkaji ulang, jadi memang kemarin sudah dikaji. Kami diminta pemerintah mengubah yang ke arah selatan, Garut itu,” kata Dyah di Bandung, Selasa (16/7).

Menurut Dyah, rute tol yang masih disebut Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya) ini awalnya akan melintasi Garut bagian utara. Namun pemerintah berharap tol ini bisa mengakomodasi Garut bagian tengah atau pusat perkotaan Garut yang masih minim akses tol.

“Jadi kita coba review kajian lagi. Insya Allah akhir tahun ini bisa ditenderkan lagi,” ujarnya.

Keputusan mengkaji rute baru ini menuntut pihak pemrakarsa kembali memperbaharui pengajuan penentuan lokasi ke kementerian terkait. Dyah mengaku perubahan ini cukup menantang karena kondisi geografis Garut bagian tengah tersebut.

“Memang di situ lokasinya agak berlembah, bergunung, jadi kita sedang kaji lagi. Nanti kami akan ajukan lagi ke PUPR,” tuturnya.

Diduga Hendak Dicerai Istri, Pembunuh Bayaran Bunuh dan Masukan Mayat Istri ke Koper

Menurut Dyah, dengan mengambil rute ke kawasan Tarogong, maka tol tersebut nantinya akan langsung melewati pusat perkotaan Garut. Meski dari segi kondisi geografis berat, termasuk menambah panjang ruas tol, pihaknya memastikan rute baru ini akan serius dikaji

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved