DPRD Jabar Sayangkan Terjadinya Maldistribusi Dokter, Berdampak Pada Kematian Ibu dan Anak

DPRD Jawa Barat menyayangkan terjadinya maldistribusi dokter. Berdampak pada kematian ibu dan anak.

DPRD Jabar Sayangkan Terjadinya Maldistribusi Dokter, Berdampak Pada Kematian Ibu dan Anak
istimewa
Ketua Pansus IV DPRD Jabar, Daddy Rohanady. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - DPRD Provinsi Jawa Barat menyayangkan persebaran tenaga kesehatan, khususnya dokter dan dokter spesialis di Jawa Barat tidak merata.

Sebagian besar dokter bertugas di pusat perkotaan sehingga kawasan pelosok kekurangan tenaga dokter.

Ketua Pansus IV DPRD Jabar, Daddy Rohanady, mengatakan pihaknya menyayangkan terjadinya maldistribusi tenaga kesehatan di Jawa Barat.

Menurut Daddy, angka maldistribusi tenaga kesehatan, dalam hal ini dokter di Jawa Barat, mencapai 57,4 persen dan untuk dokter gigi mencapai 82 persen.

“Jangan sampai banyak dokter, tapi di beberapa daerah kita tidak punya dokter. Dokter-dokter ini sangat dibutuhkan juga di daerah lainnya di Jawa Barat,” ujar Daddy yang memimpin kunjungan kerja Pansus IV DPRD Jabar di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Selasa (16/7/2019).

Daddy menambahkan terjadinya maldistribusi tenaga kesehatan berdampak pada jumlah kematian ibu dan anak di Jawa Barat yang masih tinggi.

Hal ini, katanya, akan memperlambat pertumbuhan indeks kesehatan Jabar.

“Ini yang akan coba kami reduksi lewat pertemuan ini, bisa menjadi masukan raperda pelayanan kesehatan. Intinya kami ingin memberikan layanan yang prima,” katanya.

DPRD Jabar, katanya, menginginkan para dokter dan tenaga kesehatan ini menjangkau daerah yang tidak terjangkau selama ini.

Pemerintah, katanya, menginginkan mereka yang tidak terlayani selama ini kemudian mendapat pelayanan kesehatan.

Terkait adanya beberapa rencana inisasi dalam pelayanan kesehatan, Daddy menyebut hal tersebut akan segera Ia bahas secara mendalam. Salah satu rencana inisiasi tersebut adalah, pelayanan kesehatan “jemput bola”.

“Selain pelayanan jemput bola, inisiasi lain seperti penggunaan teknologi akan coba diterapkan. Kami harus memajukan dunia kesehatan demi pelayanan yang lebih prima untuk masyarakat," ujarnya.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved