Kondisi Air Sumur Warga Hitam Pekat Sudah Tercemar, Terpaksa Beli Air Galon untuk Mandi dan Mencuci

Akibat menghitamnya air sumur sejak dua bulan lalu, membuat sejumlah warga di Kampung Babakan Jawa, Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek

Kondisi Air Sumur Warga Hitam Pekat Sudah Tercemar, Terpaksa Beli Air Galon untuk Mandi dan Mencuci
tribunjabar/hakim baihaqi
Kondisi air sumur warga di Rancaekek Kabupaten Bandung yang hitam pekat sudah tercemar berat 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Akibat menghitamnya air sumur sejak dua bulan lalu, membuat sejumlah warga di Kampung Babakan Jawa, Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, terpaksa menggunakan air galon untuk kebutuhan sehari-hari.

Kondisi di lapangan tepatnya di lingkungan rukun warga (RW) 12, sebanyak 5 rukun tetangga (RT) terdampak pencemaran dari Sungai Cikijing yang melintang di Kampung Babakan Jawa.

Selain berwarna hitam pekat, kondisi air di sumur-sumur warga itu pun mengeluarkan aroma tidak sedap serta kerap kali mengeluarkan busa, sehingga warga tidak berani menggunakan air tersebut.

Ai Taryati (55), warga Kampung Babakan Jawa, selama dua bulan terakhir ini, sumur miliknya tersebut dalam kondisi berwarna hitam, membuat ia terpaksa membeli air galon seharga Rp 5 ribu per galonnya.

Dalam satu bulan, kata Ai, ia menghabiskan uang sebanyak Rp 500 ribu untuk membeli 40 galon kemasan air, air tersebut dipergunakan pula untuk mandi hingga mencuci.

Tanpa Ezechiel N Douassel, Gaya Permainan Persib Bandung Bakal Berubah

"Setiap pemakaian harus irit pakainya, tidak bisa banyak-banyak, soalnya sayang," kata Ai di Kampung Babakan Jawa, Senin (15/7/2019).

Untuk ai sumur yang tercemar oleh limbah itu, kata Ai, ia selalu berupaya untuk membuat air menjadi jernih, namun upaya tersebut gagal dan kondisi air jauh lebih buruk dari sebelumnya.

"Udah dicoba disaring, terus beli pompa. Tetap saja, pengeluaran lebih besar setiap bulannya," katanya.

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat, menyebutkan, permasalahan pencemaran limbah yang terjadi di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, terjadi lebih dari 25 tahun dan berbagai upaya pengentasan telah dilakukan.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved