Di Persidangan, Cepy Bantah Diintruksikan Bupati Cianjur Non-Aktif untuk Ambil Uang Potongan DAK

Dalam persidangan, TB Cepy bantah diinstruksikan bupati Cianjur non-aktif untuk ambil uang potongan DAK.

Di Persidangan, Cepy Bantah Diintruksikan Bupati Cianjur Non-Aktif untuk Ambil Uang Potongan DAK
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Di persidangan Senin (8/7/2019) di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, Irvan Rivano Muchtar bersaksi untuk tiga terdakwa. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -‎ Terdakwa kasus pemotongan dana alokasi khusus (DAK) fisik Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, TB Cepy Setiady menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, Senin (15/7/2019).

Ia bersaksi untuk terdakwa Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar, terdakwa Kadisdik Cianjur Cecep Sobandi dan Kabid SMP, Rosidin.

Di dakwaan jaksa, disebutkan bahwa Cepy disuruh Irvan untuk menghubungi Cecep Sobandi saat DAK 2018 senilai Rp 49 miliar sudah cair.

Pada 2018, Pemkab Cianjur mendapat DAK Rp 49 miliar untuk 137 SMP negeri. Hanya saja, 17,5 persennya dipotong, 7 persen untuk Irvan, 10 persen untuk Cecep Sobandi dan Rosidin.

"Saya tidak pernah bicara soal DAK, tidak pernah juga menghubungi Rosidin terkait DAK, tahu DAK saat diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," ujar ‎Cepy di persidangan.

Kakak ipar terdakwa Irvan Rivano Mochtar ini mengakui jadi relawan pemenangan Irvan di Pilkada Cianjur 2016. Dana untuk pemenangan Irvan diperoleh dari hasil potongan DAK senilai Rp 600 juta. Uang itu ia dapatkan dari Cecep Sobandi.

"Tapi bukan perintah Irvan, melainkan inisiatif saya sendiri. Sewaktu saya minta dana buat kampanye, saya mengarang pokoknya, supaya saya dikasih sama Pak Cecep" ujar Cepy.

Ketua Majelis Hakim, Daryanto juga menanyakan soal penggunaan uang Rp 600 juta. Kata Cepy, selain untuk kampanye, uang itu juga ia gunakan untuk operasional dia sehari-hari serta tim sukses.

"Saya pulang pergi pake bensin, ada dana sebesar Rp 400 juta juga sudah dipakai relawan," katanya.

Halaman
123
Penulis: Mega Nugraha
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved