BPSDM Jabar Gelar Diklat Kesekretariatan DPRD untuk Tingkatkan Kualitas ASN

Pada sambutannya Solihin menjelaskan, Sekretariat DPRD merupakan perangkat daerah yang berdasarkan undang-undang fungsinya memberikan pelayanan admini

BPSDM Jabar Gelar Diklat Kesekretariatan DPRD untuk Tingkatkan Kualitas ASN
ISTIMEWA
Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Teknis Substantif Kesekretariatan DPRD Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Ruang Amphitheater BPSDM Provinsi Jawa Barat, Jumat (12/07/2019). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Badan Pengembangan Sumbera Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa
Barat, Dr. H. Muhammad Solihin, M.Si, membuka secara langsung Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Teknis Substantif Kesekretariatan DPRD Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Ruang Amphitheater BPSDM Provinsi Jawa Barat, Jumat (12/07/2019).

Pada sambutannya Solihin menjelaskan, Sekretariat DPRD merupakan perangkat daerah yang berdasarkan undang-undang fungsinya memberikan pelayanan administrasi kepada anggota DPRD.

Di antaranya meliputi pelayanan administrasi pemerintahan dan administrasi keuangan yang bertanggungjawab kepada pimpinan DPRD dan Kepala Daerah.

Warga Cileunyi yang Dimutilasi dan Dibakar, Dimakamkan di Kedu, Ini Pesan Suami untuk Polisi

Sedangkan fungsi Sekretariat DPRD di antaranya adalah penyelenggaraan administrasi kesekretariatan DPRD, penyelenggaraan administrasi keuangan, penyelenggaraan kehumasan dan protokol lingkup DPRD, penyelenggaraan rapat-rapat di lingkungan DPRD, dan penyelenggaraan dan pengkoordinasian tenaga ahli yang diperlukan dalam mendukung tugas dan fungsi DPRD.

Sebagaimana tupoksi tersebut, Solihin menambahkan, bahwa pelayanan tersebut sampai saat ini belum berjalan maksimal.

Dengan begitu, menurutnya, diklat diperlukan agar ASN dapat memahami tugas dan juga dapat meningkatkan kemampuannya dalam bekerja di lingkungan sekretariat DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

Diklat Teknis Substantif Kesekretariatan DPRD sangat perlu dilaksanakan, hal tersebut dikarenakan kegiatan ini memiliki nilai yang penting dan strategis dalam kerangka meningkatkan kualitas sumber daya ASN lingkungan sekretariat DPRD.

Dengan diklat ini, ASN diharapkan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas yang senantiasa menuntut adanya penyempurnaan kualitas sumber daya manusia.

Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Teknis Substantif Kesekretariatan DPRD Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Ruang Amphitheater BPSDM Provinsi Jawa Barat, Jumat (12/07/2019).
Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Teknis Substantif Kesekretariatan DPRD Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Ruang Amphitheater BPSDM Provinsi Jawa Barat, Jumat (12/07/2019). (ISTIMEWA)

Setelah diklat, para ASN diharapkan dapat menerapkan ilmu yang dipelajari saat bekerja.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis Substantif, Dr. Drs. Rd. H. M Daradjatun, M.si memaparkan, diklat berlangsung selama 12 (dua belas) hari, mulai tanggal 11 s.d 25 juli 2019.

Diklat diikuti oleh 25 siswa yang terdiri dari para pegawai di lingkungan Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat, Kabupaten dan Kota se-Jawa Barat.

Daradjatun berharap para siswa yang mengikuti diklat ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan yang berdampak terhadap peningkatan kinerja dan produktivitas individu dan organisasi.

Peserta diklat juga diharapkan mampu mengetahui, memahami, dan fungsi peran manajemen kesekretariatan dalam meningkatkan pelayanan, baik administrasi pemerintahan maupun administrasi keuangan DPRD.

Tenaga pengajar yang akan mendidik para siswa Diklat Substantif Kesekretariatan DPRD, di antaranya tim pengajar dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, FISIP Universitas Padjadjaran Bandung, PT Telekomunikasi Bandung, dan para Widyaiswara BPSDM Provinsi Jawa Barat.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Pimpin Pemusnahan Sabu dan Ganja di Gedung Sate

SMKN 1 Garut Jamin Tak Ada Perpeloncoan, Sekarang Lebih Milenial dan Mendidik

Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved