BPBB Kabupaten Bandung Siap Distribusikan Air Bagi Warga di Rancaekek

BPBD Kabupaten Bandung, mengaku siap memfasilitasi permintaan air bersih bagi warga Kampung Babakan Jawa, Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek

BPBB Kabupaten Bandung Siap Distribusikan Air Bagi Warga di Rancaekek
tribunjabar/hakim baihaqi
Kondisi air sumur warga di Rancaekek Kabupaten Bandung yang hitam pekat sudah tercemar berat 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Bandung, mengaku siap memfasilitasi permintaan air bersih bagi warga Kampung Babakan Jawa, Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung, Sudrajat, mengatakan, pihaknya sudah menampung permintaan tersebut dan akan dimasukan dalam rapat koordinasi di BPBD Provinsi Jawa Barat.

"Rancaekek empat desa lagi belum masuk, usulan sebagai bahan rakor untuk penanganannya karena mesti melibatkan OPD lain seperti dinsos, disperkimtan, PDAM, dan PMI yang memiliki armada untuk selanjutnya didistribusikan," kata Sudrajat melalui pesan singkat, Senin (15/7/2019).

Kondisi Air Sumur Warga Hitam Pekat Sudah Tercemar, Terpaksa Beli Air Galon untuk Mandi dan Mencuci

Warga Kampung Babakan Jawa, Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, mengaku, hingga saat ini belum mendapatkan bantuan air bersih dari pemerintah.

Di kampung tersebut, sejak dua bulan terakhir, air sumur milik warga mengalami perubaham warna menjadi hitam, sehingga tidak dapat dipergunakan untuk berbagai kebutuhan.

Ai Taryati (55), warga RT 1/2 Kampung Babakan Jawa, mengatakan, sampai saat ini, ia masih menggunakan air galon isi ulang untuk kebutuhan sehari-hari dan terpaksa mengeluarkan kocek lebih dalam dibandingkan tahun sebelumnya.

"Setiap bulan harus mengeluarkan 500 ribu lebih buat beli air galon. Biasanya tidak pernah, cukup pakai air sumur," kata Ai di Kampung Babakan Jawa, Senin (15/7/2019).

Air Sumur Menghitam Sejak 2 Bulan Lalu & Tercemar, Warga Babakan Jawa Belum Dapat Bantuan Air Bersih

Ai mengatakan, mengharapkan adanya bantuan dari pemerintah, minimalnya adalah pasokan air menggunakan tangki atau pembuatan sumur bor untuk warga di Kampung Babakan Jawa.

"Kalau sudah begini repot, air kan buat banyak kebutuhan," katanya.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved