Tahun Ini, Pemkot Cimahi Sudah Berikan Sanksi Kepada 17 Pabrik

Pemkot Cimahi tahun ini sudah memberikan sanksi kepada 17 perusahaan yang ada di wilayahnya.

Tahun Ini, Pemkot Cimahi Sudah Berikan Sanksi Kepada 17 Pabrik
hilman kamaludin/tribun jabar
Ilustrasi limbah pabrik di Kota Cimahi. Foto diambil Minggu (11/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi telah memberikan sanksi terhadap 17 perusahaan di Kota Cimahi tahun ini karena membuang limbah secara sembarangan hingga mencemari lingkungan.

Jumlah 17 perusahaan itu, sebagian dari 100 perusahaan yang pada tahun ini sudah dilakukan pengawasan langsung karena tidak melaporkan hasil uji kualitas limbahnya.

Kepala DLH Kota Cimahi, Mochamad Ronny, mengatakan, perusahaan yang sudah diberikan sanksi tersebut karena sudah terbukti melanggar aturan dalam mengelola limbah hasil produksi.

"Sanksi itu ada tahapannya, mulai dari teguran atau SP 1, kedua paksaan atau mau tidak mau dia harus melaksanakan ketentuan. Kalau paksaan tidak dilaksanakan, dilakukan pencabutan izin (usaha)," ujarnya saat dihubungi, Minggu (14/7/2019).

Dari total 17 perusahaan yang sudah diberikan sanksi itu, kata Ronny, rinciannya 10 perusahaan diberikan sanksi paksaan pemerintah, 2 teguran tertulis, dan 5 perusahaan masih dalam proses Surat Keputusan (SK).

"Jenis pelanggarannya itu meliputi dokumen lingkungan, pencemaran air, pengelolaan limbah B3 dan sebagainya," katanya.

Setelah memberikan sanksi, pihaknya memastikan terus melakukan pemantauan secara intens agar mereka mentaati aturan seperti harus memperbaiki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) apabila IPAL-nya bermasalah.

"Maka yang bersangkutan harus memperbaikinya dalam waktu yang sudah ditentukan sesuai sanksi yang ditetapkan," ucapnya.

Setelah itu, katanya, sebulan kemudian pihaknya juga kembali melakukan pemeriksaan terhadap pabrik untuk memastikan pihak perusahaan melakukan perbaikan.

SDM Terbatas, DLH Kota Cimahi Hanya Mampu Awasi 100 Pabrik

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved