Kepala BPSDM Provinsi Jawa Barat Resmi Tutup Diklatpim IV Angkatan I dan II

Kepala BPSDM Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si menutup secara resmi Diklatpim Tingkat IV Angkatan I dan II

Kepala BPSDM Provinsi Jawa Barat Resmi Tutup Diklatpim IV Angkatan I dan II
Istimewa

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -- Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si menutup secara resmi Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV Angkatan I dan II di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, di Ballroom BPSDM Provinsi Jawa Barat, Jumat (12/7/2019).

Pada kesempatan tersebut Solihin menyampaikan, selama 97 hari atau 867 jam pembelajaran, siswa Diklatpim Tingkat IV telah mengikuti agenda dan tahapan Pendidikan dan pelatihannya dengan menggunakan pola “on-off campus”, diskusi, visitasi, ceramah isu aktual bahkan benchmarking ke best practice sudah ditanamkan. Seminar proyek perubahan dan laboratorium kepemimpinan telah diujikan. Itu semua untuk mencapai target dan sasaran Diklatpim Tingkat IV agar siswa dapatmemiliki kompetensi dalam jabatan strukturalnya.

Solihin menjelaskan, kompetensi yang ingin dibangun pada Diklatpim Tingkat IV adalah kompetensi kepemimpinan operasional yaitu kemampuan membuat perencanaan kegiatan instansi dan memimpin keberhasilan implementasi pelaksanaan kegiatan tersebut, yang dapat diindikasikan dengan 5 (lima) kemampuan.

Pertama adalah mampu membangun karakter dan sikap perilaku integritas sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan mampu untuk menjunjung tinggi etika publik, taat pada nilai-nilai, norma, moralitas, dan bertanggung jawab dalam memimpin unit instansinya.

Terancam Hukuman Mati di Arab, ASN Pemprov Jabar Galang Rp 1 M untuk Bayar Diyat TKI Majalengka

Kedua adalah mampu membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan instansi.

Ketiga adalah mampu melakukan kolaborasi secara internal dan eksternal dalam mengelola tugas-tugas organisasi ke arah efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan instansi.

Kepala BPSDM Provinsi Jawa Barat Resmi Tutup Diklatpim IV Angkatan I dan II _ 2
(Istimewa)

Keempat mampu melakukan inovasi sesuai bidang tugasnya guna mewujudkan pelaksanaan kegiatan yang lebih efektif dan efisien.

Kelima dapatmengoptimalkan seluruh potensi sumber daya internal daneksternal organisasi dalam implementasi kegiatan unitinstansinya.

Ridwan Kamil Sebut Pemprov Jabar Siap Bantu Pembangunan Kampus 2 Unsil di Tasik

Sementara itu Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial, Dr. Wawan Suwandi, S.Pd., M.Pd dalam laporannya memaparkan, peserta Diklatpim Tingkat IV Angkatan I dinyatakan lulus sebanyak 30 siswa, dengan kualifikasi sangat memuaskan sebanyak 4 siswa, memuaskan sebanyak 22 siswa, dan cukup memuaskan sebanyak 4 siswa.

Sedangkan untuk peserta Diklatpim Tingkat IV Angkatan II dinyatakan lulus sebanyak 29 siswa, dengan kualifikasi sangat memuaskan sebanyak 3 siswa dan memuaskan sebanyak 26 siswa.

Seluruh peserta Diklatpim Tingkat IV Angkatan I dan II seluruhnya dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP). (*)

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved