Rajut Asa Desa, Politeknik LP3I Kuliah Kerja Nyata di 5 Kabupaten Provinsi Jawa Barat

Sebanyak 241 mahasiswa dan dosen pembimbing dari Politeknik LP3I dilepas untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata Tematik di lima kabupaten wilayah Jabar

Rajut Asa Desa, Politeknik LP3I Kuliah Kerja Nyata di 5 Kabupaten Provinsi Jawa Barat
Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
Foto bersama peserta Kuliah Kerja Nyata LP3I 2019 dengan tujuan Kabupaten Bandung Barat di Gedung Sate, Jumat (12/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebanyak 241 mahasiswa dan dosen pembimbing dari Politeknik LP3I dilepas untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata Tematik di Kabupaten Garut, Sumedang, Subang, Cianjur, dan Bandung Barat. Pelepasan tersebut dilakukan di Gedung Sate, Jumat (12/7/2019).

Para peserta kuliah kerja nyata tematik bertema "Merajut Asa Desa" ini akan melakukan kegiatannya di 20 kecamatan dan 21 desa di 5 kabupaten tujuan tadi.

Mereka akan berbaur dengan masyarakat untuk ikut membangun desa dan melaksanakan berbagai program pengabdian.

Wakil Direktur III Politeknik LP3I, Heddy Setiawan, mengatakan kegiatan kuliah kerja nyata ini akan menjadi titik balik para akademisi, terutama mahasiswa, dalam menemukan perannya di tengah masyarakat.

"Kami meminta mahasiswa jaga diri dan jaga almamater LP3I. Dosen pembimbing di lapangan pun kami harap melaksanakan tugasnya dengan baik. Karena ini masuk Tri Dharma Perguruan Tinggi," kata Heddy dalam sambutannya di Gedung Sate tersebut.

Dirancang bagi yang Ingin Cepat Bekerja di Hotel dan Kapal Pesiar

Di lapangan, katanya, mahasiswa ini akan berkolaborasi dengan pemerintah setempat untuk melaksanakan programnya kemudian memberikan kontribusi kepada masyarakat sesuai keilmuannya.

Kegiatan yang akan dilakukan para peserta kuliah kerja nyata ini di antaranya sosialisasi internet sehat yang sekaligus mencegah penyebaran hoaks di kalangan masyarakat desa. Hal ini disampaikan dalam sejumlah seminar dan pemaparan materi.

Heddy mengatakan hal ini sangat penting dalam mengajarkan masyarakat untuk memilah berita atau kabar dari media sosial ataupun website internet.

Bupati Karna Sobahi Pimpin Pembukaan TMMD Ke-105 Kodim 0617 Majalengka di Desa Argasari

Para peserta kuliah kerja nyata ini pun akan memberikan materi lainnya seperti pelatihan pembuatan laporan keuangan, pelatihan penggunaan komputer, berbagi ilmu mengenai industri kreatif, bimbingan pembuatan proposal bisnis, sampai pelatihan pembuatan logo perusahaan.

Kegiatan ini dihadiri LLDIKTI Wilayah IV, LLDIKTI Wilayah III, dan Bagian Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Pemprov Jabar yang mewakili Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Sam)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved